[SALAH] KEPUTUSAN MUTLAK, GANJAR BANTING SETIR PINDAH KE LAIN PARPOL

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Judul, isi dan thumbnail video tidak sesuai dan tidak berkaitan dengan klaim narasi yang menyatakan Ganjar banting setir pindah ke lain parpol.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1696227597.394461/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
TAK FIKIR DUA KALI,SIKAP GANJAR BERANI AMBIL RESIKO TINGGI KARNA INI….

KEPUTUSAN MUTLAK!!
GANJAR BANTING SETIR PINDAH KE LAIN PARPOL

=======

[PENJELASAN]:
Channel youtube bernama AKTUAL membagikan sebuah video dengan thumbnail menampilkan foto Ganjar Pranowo seolah melepas atribut partai di depan Megawati dan Puan Maharani dengan narasi yang menyatakan bahwa Ganjar banting setir pindah ke lain parpol.

Setelah ditelusuri, gambar thumbnail yang ditampilkan pada video tersebut merupakan hasil rekayasa. Dalam video tersebut hanya berisi cuplikan berapa video dari peristiwa berbeda yang digabung menjadi satu.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari beritasatu.com berjudul “PDI Perjuangan Tutup Kemungkinan Ganjar Berpasangan dengan Prabowo” yang diunggah pada 1 Oktober 2023.

Artikel tersebut membahas tentang Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang menyampaikan bahwa PDIP menutup kemungkinan bakal capres Ganjar Pranowo berpasangan dengan bakal capres Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto.

Dengan demikian, klaim narasi yang menyatakan Ganjar banting setir pindah ke lain parpol tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://www.beritasatu.com/bersatu-kawal-pemilu/1069645/pdi-perjuangan-tutup-kemungkinan-ganjar-berpasangan-dengan-prabowo