[SALAH] Surat Undangan Sosialisasi SE Rekrutmen Bantuan Biaya Fellowship Dokter Spesialis Oleh Kemenkes

Kementerian kesehatan melalui situs resminya menyatakan jika surat tersebut PALSU. Diimbau agar masyarakat senantiasa berhati-hati apabila menerima surat serupa, dan mengecek segala informasi terkait Kemenkes melalui situs sibk.kemkes.go.id.

KATEGORI: IMPOSTER CONTENT/ KONTEN TIRUAN

===

SUMBER: TANGKAPAN LAYAR KERTAS SURAT

===

NARASI:

Nomor  : TK.02.04/F.III/7152/2023

Lampiran : satu lembar

Hal : Undangan Sosialisasi SE Rekrutmen Bantuan BiayaFellowship Doktefr Spesialis Kemenkes Periode III Tahun 2023”

Yth. daftar terlampir

 Fellowship Dokter Spesialis menjadi salah satu Upaya untuk percepatan pemenuhan dan pemerataan layaran subspesialistik. Pada tahun 2023 ini ditargetkan akan diberikan bantuan biaya fellowship untuk peserta. Sehubungan telah diterbitkan nya SE Rekrutmen Bantuan Biaya Fellowship Dokter Spesialis Kemenkes Periode III Tahun 2023 yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Tenaga ***** bersama ini kami mengundang Bapak/Ibu atau menugaskan minimal 2 orang perserta, maksimal 4 orang untuk menghadiri kegiatan yang akan diselenggarakan pada:

===

PENJELASAN: Beredar informasi melalui sebuah tangkapan layar kertas surat, yang menggunakan kop surat milik Kementerian Kesehatan. Menurut narasi yang beredar pada surat, disebutkan jika surat tersebut merupakan surat “Undangan Sosialisasi SE Rekrutmen Bantuan BiayaFellowship Doktefr Spesialis Kemenkes Periode III Tahun 2023”.

Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut pada laman resmi milik Kemenkes sibk.kemkes.go.id, ditegaskan jika surat tersebut adalah PALSU. Kemenkes menyebut jika pihaknya tidak membuat surat seperti halnya yang tengah beredar. Masyarakat diimbau waspada apabila menerima informasi serupa, dan mengecek segala bentuk informasi Kemenkes pada situs dan media sosial resmi.

“HATI-HATI SURAT PALSU ‼️

#Healthies, diinformasikan bahwa @Kemenkes_ri tidak pernah menerbitkan surat undangan Sosialisasi SE Rekrutmen Bantuan BiayaFellowship Dokter Spesialis Kemenkes Periode III Tahun 2023

#Minkes harap kalian hati-hati terhadap informasi atau berita yang beredar. Cek setiap informasi yang kamu dapatkan dan pastikan informasi tersebut berasal dari sumber terpecaya.

Yuk saring sebelum sharing!

#AntiHoaxKesehatan” tegas Kemenkes pada laman Instagramnya.

Berdasar dari seluruh referensi, dapat dipastikan jika surat yang beredar terkait “Undangan Sosialisasi SE Rekrutmen Bantuan BiayaFellowship Doktefr Spesialis Kemenkes Periode III Tahun 2023” adalah surat PALSU, dan masuk ke dalam hoaks dengan kategori imposter content atau konten tiruan.

===

REFERENSI:

https://sibk.kemkes.go.id/
https://www.instagram.com/p/Cx8Kn_KROfM/