[SALAH] “ada banyak orang yang pingsan karena kekurangan oksigen saat mengantri iBox Pik Avenue”

Informasi yang salah. Foto itu adalah foto ketika suporter Malaysia pingsan karena berdesakan saat membeli tiket nonton final leg pertama Piala AFF 2018 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konteks yang Salah
===========================================

Akun Facebook Dian Sastrowardoyo (fb.com/61552166754939) pada 4 Oktober 2023 mengunggah beberapa foto yang salah satunya menampilkan beberapa orang yang pingsan dengan narasi sebagai berikut:

“Banyak orang kecewa saat mereka tidak dapat membeli SmartWatch 8 Ultra setelah 5 jam mengantri di π—Άπ—•π—Όπ˜… 𝗣𝗢𝗸 π—”π˜ƒπ—²π—»π˜‚π—². Bahkan ada banyak orang yang pingsan karena kekurangan oksigen.”

Selengkapnya di bit.ly/48C7VLw (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya foto menampilkan beberapa orang yang pingsan yang diklaim pingsan karena mengantri untuk membeli jam tangan pintar di iBox Pik Avenue, Jakarta merupakan klaim yang salah.

Faktanya, foto itu adalah foto ketika suporter Malaysia pingsan karena berdesakan saat membeli tiket nonton final leg pertama Piala AFF 2018 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia.

Foto yang identik, salah satunya dimuat di artikel berjudul “Pengsan, kena pijak kerana tiket” yang terbit di situs bharian.com.myΒ pada 9 Desember 2018. Foto itu diberi keterangan “PENYOKONG pengsan ketika menunggu giliran membeli tiket final Piala AFF di Stadium Nasional, Bukit Jalil, pagi ini. – Foto Firdaus Hashim”

Selain itu, akun Facebook “Dian Sastrowardoyo” yang menunggah klaim tersebut juga merupakan akun palsu. Akun terverifikasi milik Dian Sastrowardoyo adalah facebook.com/DianSastrowardoyo yang memiliki tanda verifikasi centang biru.

Klaim tersebut merupakan modus operandi iklan yang dibalut berita kontroversial dan juga menggunakan gambar yang tidak terkait dengan isi iklan tersebut.

REFERENSI
https://www.bharian.com.my/sukan/bola/2018/12/507093/pengsan-kena-pijak-kerana-tiket
https://www.facebook.com/DianSastrowardoyo

About Adi Syafitrah 1618 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo