[SALAH] “3 Oktober 2023 Presiden Jokowi Gelar Reshuffle Mendadak, Paska Menhan Resmi Jadi Tersangka Korupsi”

Tidak ada informasi valid mengenai reshuffle kabinet yang dilakukan Presiden Jokowi pada 3 Oktober 2023 dan tidak ada juga informasi valid mengenai Mehan Prabowo Subianto resmi jadi terangka korupsi.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Akun Facebook BAGI MEDIA GROUP (fb.com/100083419285256) pada 3 Oktober 2023 mengunggah sebuah video dengan narasi:

“MALAM INI PRESIDEN JOKOWI GELAR RESHUFFLE MENDADAK, PASKA MENHAN RESMI JADI TERSANGKA KORUPSI”

Sumber: archive.ph/VI98Y (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video dengan klaim bahwa Presiden Joko Widodo menggelar reshuffle setelah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto resmi jadi terangka korupsi merupakan konten yang menyesatkan.

Faktanya, tidak ada informasi valid mengenai reshuffle kabinet yang dilakukan Presiden Jokowi pada 3 Oktober 2023 dan tidak ada juga informasi valid mengenai Mehan Prabowo Subianto resmi jadi terangka korupsi.

Berdasarkan hasil pencarian terhadap informasi reshuffle kabinet, isu ini muncul mencuat usai pertemuan antara Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY di Istana Bogor pada Senin sore, 2 Oktober 2023.

Selain itu, foto Presiden Jokowi yang ditampilkan di awal video merupakan foto ketika Presiden Jokowi melantik enam figur calon menteri yang pada Selasa petang kemarin diperkenalkan sebagai menteri Kabinet Indonesia Maju untuk sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024 pada Rabu, 23 Desember 2020 di Istana Negara, Jakarta. Foto ini salah satunya dimuat di artikel berjudul “Presiden Jokowi Lantik Enam Menteri Baru Kabinet Indonesia Maju” yang terbit di situs setneg.go.id pada Rabu, 23 Desember 2020.

REFERENSI
https://nasional.tempo.co/read/1779515/kata-demokrat-soal-mencuatnya-isu-reshuffle-kabinet-usai-presiden-jokowi-bertemu-sby
https://www.setneg.go.id/baca/index/presiden_jokowi_lantik_enam_menteri_baru_kabinet_indonesia_maju

About Adi Syafitrah 1618 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo