[SALAH] Dipimpin Langsung Megawati, Kader PDIP Kampanyekan Anies – Cak Imin

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Tidak ada kampanye yang dilakukan Megawati bersama kadernya untuk mendukung Anies – Cak Imin. Cuplikan dan narasi yang ada pada video tidak memiliki kaitan dengan klaim yang beredar.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1695722211.530217/index.html (Youtube)

=====

[NARASI]: “Lama tak muncul !! Megawati bersama kadernya kampanyekan Anies-cak Imin di siang ini”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube GARUDA POLITIK mengunggah video dengan klaim Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri memimpin langsung para kadernya kampanyekan dukungan untuk Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Namun setelah menonton keseluruhan video, cuplikan dan narasi yang dibacakan dalam video tidak memiliki kaitan dengan klaim. Video yang ditampilkan adalah momen pidato Megawati pada saat acara Konser GUE 2 di Senayan Jakarta pada 4 Februari 2017. Video aslinya bisa dilihat pada kanal Youtube BeritaSatu dengan judul “Megawati Optimis Ahok Menang Pilkada DKI #KonserGue2″.

Sedangkan narasi yang dibacakan identik dengan artikel yang diunggah oleh VOI dengan judul “Bagi PDIP DKI, Masa Kampanye Pilkada 2024 Dipersingkat Tak Jadi Soal”. Artikel ini membahas tentang tanggapan Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP DKI Jakarta Gembong Warsono yang memandang wacana perubahan jadwal kampanye Pilkada 2024 yang mempersingkat masa kampanye para calon kepala daerah bukan menjadi persoalan.

Selain itu, gambar pratinjau yang ditampilkan dalam video bukan merupakan kampanye Megawati bersama kadernya untuk Anies – Cak Imin. Gambar tersebut diambil pada saat Jokowi melakukan kampanye di Batam pada 6 April 2019. Foto aslinya dapat dilihat pada artikel yang diunggah Okezone dengan judul “Jokowi Kampanye di Tangsel Besok, Relawan Siap Berikan Sambutan Khusus”.

=====

[REFERENSI]:

– https://www.youtube.com/watch?v=IzOGHWRWK7g&ab_channel=BeritaSatu
– https://pilkada.tempo.co/read/843034/konser-gue-2-pendukung-ahok-djarot-padati-senayan
– https://voi.id/berita/313206/bagi-pdip-dki-masa-kampanye-pilkada-2024-dipersingkat-tak-jadi-soal
– https://news.okezone.com/read/2019/04/06/605/2040026/jokowi-kampanye-di-tangsel-besok-relawan-siap-berikan-sambutan-khusus
– https://news.detik.com/foto-news/d-4499416/ada-massa-pingsan-begini-potret-kampanye-jokowi-di-batam-membeludak/8