[SALAH] “BBC Indonesia mempromosikan obat prostatitis”

Informasi yang menyesatkan. Di situs dan akun Facebook resmi milik BBC Indonesia tidak ditemukan artikel pormosi seperti yang ada diklaim. Selain itu video yang diunggah merupakan hasil manipulasi.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Akun Facebook Dr. Chаidir Аrif Mоchtar (fb.com/61551704283929) pada 28 September 2023 mengunggah sebuah video disertai tautan artikel yang menampilkan Prof. dr. Chaidir Arif Mochtar, SpU(K), PhD yang terdapat logo BBC Indonesia dengan narasi:

“Jika anda mempunyai kendala, baca artikel ini (5 menit)”

Artikel yang disertakan berjudul “2023 MENUNJUKKAN REKOR JUMLAH PRIA DENGAN PROSTATITIS DI INDONESIA. FAKTA MENAKUTKAN DAN PENDEKATAN BARU UNTUK MEMECAHKAN MASALAH SEKALI DAN UNTUK SELAMANYA! WAWANCARA DENGAN DR. CHAIDIR ARIF MOCHTAR”

Sumber: archive.ph/WUaWa (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video dan artikel yang menggunakan logo BBC Indonesia yang mempromosikan obat prostatitis atau peradangan pada kelenjar prostat merupakan klaim yang menyesatkan.

Faktanya, di situs dan akun Facebook resmi milik BBC Indonesia tidak ditemukan artikel pormosi seperti yang ada diklaim.

Selain itu video yang diunggah merupakan hasil manipulasi dengan cara menjadikan foto Prof. dr. Chaidir Arif Mochtar, SpU(K), PhD seolah bergerak dan berbicara. Foto yang asli salah satunya dimuat di situs urologirscm.com.

Prof. dr. Chaidir Arif Mochtar, SpU(K), PhD saat ini mejabat sebagai Koordinator Program Studi Pendidiakan Dokter Spesialis Urologi di FKUI-RSCM dan sebagai sekretaris di Indonesian Society of Uro-Oncology.

REFERENSI
https://www.bbc.com/indonesia
https://www.facebook.com/BBCNewsIndonesia
https://urologirscm.com/dokter-kami-profil

About Adi Syafitrah 1568 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo