[SALAH] Foto “Geger !! Jutaan Rakyat Rusia Turun Ke Jalan Desak Putin Ledakkan AS Dengan Nuklir”

Bukan untuk mendesak Putin agar meledakkan Amerika Serikat dengan nuklir. Foto yang ada di video itu adalah ketika ribuan orang di Belgrade, Serbia, turun ke jalan menolak adanya parade LGBT Internasional pada Agustus 2022.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Akun Facebook Alutsista Militer indonesia (fb.com/alutsista86) pada 1 Oktober 2023 mengunggah sebuah video dengan narasi:

“Geger !! Jutaan Rakyat Rusia Turun Ke Jaln Desak Putin Ldakan AS Dengan Nuklir…”

Sumber: archive.ph/2J780 (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang menampilkan foto unjuk rasa yang disertai klaim bahwa jutaan rakyat Rusia turun ke jalan untuk mendesak Putin agar meledakkan Amerika Serikat dengan nuklir merupakan konten yang menyesatkan.

Faktanya, foto yang ada di video itu adalah ketika ribuan orang di Belgrade, Serbia, turun ke jalan menolak adanya parade LGBT Internasional pada Agustus 2022.

Salah satu video yang menampilkan unjuk rasa yang indetik dimuat di artikel berita berjudul “Ribuan Orang Gelar Aksi Protes Tolak Parade LGBT Internasional di Serbia” yang terbit di situs news.detik.com pada 29 Agustus 2022. Video ini disertai keterangan:

“Ribuan orang di Belgrade, Serbia, turun ke jalan menolak adanya parade LGBT Internasional. Massa tetap turun ke jalan meski pemerintah mengatakan Serbia tidak akan menjadi tuan rumah parade LGBT pada September mendatang.”

REFERENSI
https://news.detik.com/video/220829044/ribuan-orang-gelar-aksi-protes-tolak-parade-lgbt-internasional-di-serbia

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo