[SALAH] Foto “Susi Pudjiastuti mempromosikan AC Mini Jepang”

Akun palsu dan foto editan. Foto asli adalah foto ketika Prabowo Subianto menerima kunjungan Susi Pudjiastuti di Kantor Kemhan, Jakarta, Rabu (12/4/2023). Di foto asli, Prabowo memberi buku berjudul “Kepemimpinan Militer: Catatan dari Pengalaman Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto” kepada Susi.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Dimanpulasi
===========================================

Akun Facebook Ѕᴜsi РuԀjɪɑstuti (fb.com/133415009855719) pada 29 September 2023 membagikan tautan yang menampilkan foto Prabowo Subianto dan Susi Pudjiastuti yang tampak memegang AC mini dengan narasi:

“Bᴜlɑn lɑlᴜ, ѕɑyɑ melɑkᴜkɑn ρeгȷɑlɑnɑn Ьiѕniѕ ke Jeρɑпɡ Ԁenɡɑn Mᴇnteгi Рeгtɑһɑnɑn. Сᴜɑᴄɑ Ԁi Jeρɑпɡ ѕɑnɡɑt ρɑnɑѕ, Ьiѕɑ menᴄɑρɑi 40 Ԁeгɑȷɑt. Ѕɑyɑ ρeгһɑtikɑn Ьɑһⱳɑ keЬɑnyɑkɑn ᴏгɑnɡ Jeρɑпɡ menɡɡᴜnɑkɑn ɑc ᴄeгԀɑѕ ԀɑгiρɑԀɑ ɑc kᴏnᴠenѕiᴏnɑl ᴜntᴜk melinԀᴜnɡi keѕeһɑtɑn mɑѕyɑгɑkɑt dɑn menɡһemɑt liѕtгik 3 kɑli leЬiһ Ьɑnyɑk. Ѕɑyɑ memЬeli ѕɑtᴜ ᴜntᴜk menᴄᴏЬɑnyɑ.”

Selengkapnya di archive.ph/n7HTc (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya foto Prabowo Subianto dan Susi Pudjiastuti yang tampak memegang AC mini dengan klaim bahwa Susi Pudjiastuti mempromosikan AC Mini Jepang merupakan konten yang dimanipulasi.

Faktanya, akun facebook tersebut merupakan akun palsu dan foto tersebut merupakan foto editan. Foto asli adalah foto ketika Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menerima kunjungan Susi Pudjiastuti di Kantor Kemhan, Jakarta, Rabu (12/4/2023). Di foto asli, Prabowo memberi buku berjudul “Kepemimpinan Militer: Catatan dari Pengalaman Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto” kepada Susi.

Sebelumnya, foto editan yang sama pernah diperiksa faktanya melalui artikel periksa fakta berjudul [SALAH] Foto “Prabowo Subianto dan Susi Pudjiastuti mempromosikan AC Mini Jepang” yang terbit di situs turnbackhoax.id pada 7 Juni 2023.

Foto yang asli, dimuat di akun Instagram resmi milik Susi Pudjiastuti (instagram.com/susipudjiastuti115) pada 12 April 2023 dengan narasi: “Suatu kehormatan hari ini diundang ke kantor Pak Menhan, Prabowo Subianto .. Sudah lama tidak ngobrol dan bercanda, dulu beliau sering ke rumah utk makan steak bersama .. Yang pasti pesan dari beliau: “Yang mengganggu Pertahanan Indonesia, harus kita tenggelamkan” Pak Prabowo masih tetap humble, sy datang disambut dgn sambutan militer, pulang pun diantar sampai ke mobil ..”

Dilansir dari Kumparan, di akhir pertemuan, Susi yang berpakaian nuansa hitam-putih itu mendapatkan cenderamata dari Prabowo berupa buku “Kepemimpinan Militer: Catatan dari Pengalaman Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto”. Selain itu, klaim tersebut merupakan modus operandi iklan terselubung yang dibalut berita kontroversial dan juga menggunakan gambar yang tidak terkait dengan isi iklan tersebut.

REFERENSI
https://turnbackhoax.id/2023/06/07/salah-foto-prabowo-subianto-dan-susi-pudjiastuti-mempromosikan-ac-mini-jepang/
https://www.instagram.com/p/Cq7eJMQJkqB/
https://kumparan.com/kumparannews/temu-kangen-susi-pudjiastuti-prabowo-diskusi-pertahanan-dapat-buku-20CL5ko7N89

About Adi Syafitrah 1627 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo