[SALAH] Foto “Prabowo Subianto dan Susi Pudjiastuti mempromosikan AC Mini Jepang”

Akun palsu dan foto editan. Foto asli adalah foto ketika Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menerima kunjungan Susi Pudjiastuti di Kantor Kemhan, Jakarta, Rabu (12/4/2023). Di foto asli, Prabowo memberi buku berjudul “Kepemimpinan Militer: Catatan dari Pengalaman Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto” kepada Susi.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Dimanpulasi
===========================================

Akun Facebook Ѕᴜѕɪ РᴜԀjɪɑѕtᴜtɪ (fb.com/108779715573924) pada 6 Juni 2023 membagikan tautan yang menampilkan foto Prabowo Subianto dan Susi Pudjiastuti yang tampak memegang AC mini dengan narasi:

“Ya Tuhan, saya tertipu! Saya tidak berharap orang ɪnԀᴏnᴇѕɪɑ membeli barang palsu di Shoppee, Lazzada. Garansi 5 tahun dan gratis 1 penukaran 1 dalam 7 hari. ЅᴇЬɑɡɑɪ Mᴇntᴇrɪ Kᴇlɑᴜtɑn Ԁɑn Рᴇгɪkɑnɑn, saya berharap yang terbaik untuk semuanya. Bulan lalu, saya melakukan perjalanan bisnis ke Jᴇρɑnɡ dengan Mᴇntᴇrɪ Рᴇrtɑһɑnɑn. Cuaca di Jᴇρɑnɡ sangat panas, bisa mencapai 40 derajat. Saya perhatikan bahwa kebanyakan orang Jᴇρɑnɡ menggunakan ɑᴄ cerdas daripada ɑᴄ konvensional untuk melindungi kesehatan masyarakat dan menghemat listrik 3 kali lebih banyak. Saya membeli satu untuk mencobanya.”

Sumber: archive.ph/CiXsK (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya foto Prabowo Subianto dan Susi Pudjiastuti yang tampak memegang AC mini dengan klaim bahwa Susi Pudjiastuti mempromosikan AC Mini Jepang merupakan konten yang dimanipulasi.

Faktanya, akun facebook tersebut merupakan akun palsu dan foto tersebut merupakan foto editan. Foto asli adalah foto ketika Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menerima kunjungan Susi Pudjiastuti di Kantor Kemhan, Jakarta, Rabu (12/4/2023). Di foto asli, Prabowo memberi buku berjudul “Kepemimpinan Militer: Catatan dari Pengalaman Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto” kepada Susi.

Foto yang asli, dimuat di akun Instagram resmi milik Susi Pudjiastuti (instagram.com/susipudjiastuti115) pada 12 April 2023 dengan narasi: “Suatu kehormatan hari ini diundang ke kantor Pak Menhan, Prabowo Subianto .. Sudah lama tidak ngobrol dan bercanda, dulu beliau sering ke rumah utk makan steak bersama .. Yang pasti pesan dari beliau: “Yang mengganggu Pertahanan Indonesia, harus kita tenggelamkan” Pak Prabowo masih tetap humble, sy datang disambut dgn sambutan militer, pulang pun diantar sampai ke mobil ..”

Dilansir dari Kumparan, di akhir pertemuan, Susi yang berpakaian nuansa hitam-putih itu mendapatkan cenderamata dari Prabowo berupa buku “Kepemimpinan Militer: Catatan dari Pengalaman Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto”.

Selain itu, klaim tersebut merupakan modus operandi iklan terselubung yang dibalut berita kontroversial dan juga menggunakan gambar yang tidak terkait dengan isi iklan tersebut.

REFERENSI
https://www.instagram.com/p/Cq7eJMQJkqB/
https://kumparan.com/kumparannews/temu-kangen-susi-pudjiastuti-prabowo-diskusi-pertahanan-dapat-buku-20CL5ko7N89/full

About Adi Syafitrah 1618 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo