[SALAH] “Inilah Anies Wan Edan yang Sedang Mempermainkan Agama, Sekarang Namanya Jadi Mahdi Yohanis Khan”

Tidak ada informasi yang valid mengenai perubahan nama Anies Baswedan. Video itu saat Anies menghadiri acara pembangunan tempat ibadah Umat Hindu di Kali Deres Jakarta Barat, tahun 2020 lalu sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Akun Facebook Tiara (fb.com/100087958101002) pada 26 September 2023 mengunggah sebuah video dengan narasi:

“INILAH ANIES WAN EDAN YG SEDANG MEMPERMAINKAN AGAMA ANIS Akan menghalalkan segala macam cara, demi ambisinya, Utk masuk SBG capres RI 1”

Di video tersebut terdapat narasi: “sekarang Namanya jadi Mahdi Yohanis Khan” dan “MACAM 2 CARA DI BUAT DEMI AMBISI JDI RI-1”

Sumber: archive.ph/OkIib (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video dengan klaim bahwa Anies Baswedan mengganti namanya menjadi Mahdi Yohanis Khan demi ambisi sebagai capres RI merupakan klaim yang menyesatkan.

Faktanya, tidak ada informasi yang valid mengenai perubahan nama Anies Baswedan. Video itu saat Anies menghadiri acara pembangunan tempat ibadah Umat Hindu di Kali Deres Jakarta Barat, tahun 2020 lalu sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Dilansir dari Liputan6, video yang indetik diunggah oleh akun resmi Pemprov DKI Jakarta di Youtube pada 14 Februari 2020 dengan judul “Gub Anies Baswedan Meletakkan batu Pertama Pembangunan Tempat Ibadah Umat Hindu”.

Dalam video disertai narasi:
“14 Februari 2020 Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menghadiri dan memberi sambutan pada Acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Tempat Ibadah Umat Hindu di Kali Deres Jakbar”

REFERENSI
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5412032/cek-fakta-hoaks-anies-baswedan-mengubah-namanya-menjadi-mahdi-yohanis-khan
https://www.youtube.com/watch?v=MQfijSqVMLo

About Adi Syafitrah 1618 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo