[SALAH] PKB Pindah Haluan Usung Ganjar Pranowo di 2024

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan klaim bahwa PKB berpindah haluan usung Ganjar di pilpres 2024 adalah konten yang menyesatkan. Judul, isi video dan narasi dalam video tidak sesuai. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi mengenai hal tersebut.
====

[KATEGORI]: Konten Yang Menyesatkan

====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1695640288.832127/index.html

====
[NARASI]: “ RESMI BERGABUNG !! PKB PINDAH HALUAN USUNG GANJAR PRANOWA DI 2924”

====

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Youtube dengan nama pengguna “TOPIK NEWS” mengunggah video dengan klaim bahwa PKB secara resmi usung Ganjar sebagai capres di pemilu 2024 nanti. Dalam Thumbnail nampak Ganjar, Megawati dan seorang lelaki sedang melakukan pertemuan serta dilengkapi dengan narasi “RESMI BERGABUNG SORE INI PKB PINDAH HALUAN USUNG GANJAR PRANOWO DI 2024”. Faktanya tidak ada bukti valid terkait hal tersebut. Gambar dalam thumbnail diambil dan dibalik dari portal wartakota.tribunnews.com yang aslinya menerangkan pertemuan antara Ketum PDIP degan Plt Ketum PPP.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi valid terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu. Dalam video tersebut membahas mengenai pernyataan dari Wasekjen PKB Syaiful huda yang mengungkapkan partainya mendapat ajakan kerjasama politik dari PDIP untuk mendukung bacapres Ganjar pada pilpres 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, tidak ditemukan bukti yang kredibel terkait PKB yang mendukung Ganjar dalam pilpres 2024. Cak Imin yang notabene merupakan Ketum PKB telah melakukan deklarasi bersama Anies Baswedan sebagai bacapres dan bacawapres 2024. Lebih lanjut Narasi dalam video tersebut diambil dari artikel detik.com yang berjudul “PKB Ungkap Diajak PDIP Dukung Ganjar di Pilpres 2024”. Jadi dapat disimpulkan bahwa unggahan di atas mengandung informasi yang tidak benar.

==========

[REFERENSI]

[1] https://news.detik.com/pemilu/d-6819356/pkb-ungkap-diajak-pdip-dukung-ganjar-di-pilpres-2024
[2] https://www.youtube.com/watch?v=_xLtmKWWOko
[3] https://wartakota.tribunnews.com/2023/04/30/kerja-sama-dukung-ganjar-pranowo-capres-2024-mardiono-serahkan-hasil-rapimnas-ppp-ke-megawati


sumber asli:https://youtu.be/agI9AHu3h8Y?si=bE_FZyDPSyjR1WC1