[SALAH] Deklarasi Ganjar-Mahfud MD Dipimpin Langsung Oleh Presiden Jokowi

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan klaim bahwa Presiden Jokowi memimpin langsung deklarasi Ganjar dan Mahfud MD di pilpres 2024 adalah konten yang dimanipulasi. Judul, isi video dan narasi dalam video tidak sesuai. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi mengenai hal tersebut.
====

[KATEGORI]: Konten Yang Dimanipulasi

====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1695641990.270923/index.html

====
[NARASI]: “DEKLARASI GANJAR-MAHFUD MD DIHADIRI LANGSUNG OLEH JOKOWI,,ANIES & GROMBOLANYA BUNGKAM”

====

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Youtube dengan nama pengguna “TOPIK NEWS” mengunggah video dengan klaim bahwa Presiden Jokowi memimpin langsung deklarasi Ganjar dan Mahfud MD di pilpres 2024. Namun klaim tersebut belum ada bukti valid yang dapat membuktikan kebenarannya.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi valid terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu. Salah satu potongan video dalam unggahan tersebut identik dengan video yang diunggah kanal Youtube iNews yang berjudul “Usai Sholat Id, Presiden Jokowi Kembali Komentari Penunjukkan Ganjar Pranowo Sebagai Capres PDIP” pada tanggal 22 April 2023..

Setelah dilakukan penelusuran, berita mengenai deklarasi Ganjar dan Mahfud MD yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi telah banyak beredar di berbagai media sosial. Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) telah mengkonfirmasi bahwasannya informasi mengenai deklarasi tersebut adalah tidak benar/hoax.

==========

[REFERENSI]

[1] https://www.kominfo.go.id/content/detail/51703/disinformasi-presiden-jokowi-pimpin-deklarasi-pasangan-ganjar-pranowo-dan-mahfud-md-pada-pilpres-2024/0/laporan_isu_hoaks
[2]https://www.suaramerdeka.com/nasional/0410230906/presiden-jokowi-pimpin-deklarasi-pasangan-ganjar-pranowo-dan-mahfud-md-pada-pilpres-2024-hoax
[3] https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/09/19/134900682/-hoaks-jokowi-pimpin-deklarasi-ganjar-mahfud?page=all


sumber asli:https://youtu.be/VqWc2RLXwIM?si=uJ14uskYw-GYaUyJ