[SALAH] PDIP Usul Penutupan Pesantren di Indonesia

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Gambar dengan klaim PDIP akan mengusulkan penutupan pesantren di Indonesia merupakan hoaks lama yang kembali beredar. Faktanya, narasi dalam artikel AndebaNews tidak menuliskan tentang klaim tersebut dan situs tersebut sudah dihapus.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1695283922.562056/index.html

= = = = =

NARASI:
“CUKUP VIRALKAN INI DAN DIKOPI KASIKAN KE RAKYAT PLOSOK PLOSOK DESA INSYA ALLAH PASTI TUMBANG DAN PASTI DIBENCI SAMA RAKYAT KAUM PEDESAAN PERDALAMAN

PDIP USUL KE PEMERINTAH AGAR PESANTREN DI TUTUP SELURUH INDONESIA”
= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook Ajo Lenggang memposting sebuah gambar dengan narasi “PDIP USUL KE PEMERINTAH AGAR PESANTREN DI TUTUP SELURUH INDONESIA”. Gambar tersebut menampilkan gambar artikel dari AndebaNews. Postingan tersebut diunggah pada 20 September 2023.

Setelah ditelusuri, gambar tersebut merupakan hoaks lama yang kembali beredar. Berdasarkan artikel turnbackhoax.id artikel AndebaNews hanya menyalin artikel dari suaranasional.com dengan judul “Sindir Ulama sebagai Peramal dan Belum Lihat Akhirat, Megawati Lecehkan Islam” 12 Januari 2017. Dalam artikel tersebut tidak ada pembahasan mengenai PDIP yang mengusulkan penutupan pesantren di seluruh Indonesia. Mengenai andebanews melansir dari jawapos.com blog tersebut sudah dihapus. Lebih lanjut hoaks dengan klaim PDIP mengusulkan penutupan pesantren di seluruh Indonesia sudah muncul sejak Maret 2018, Maret 2020, Oktober 2021, serta April 2023.

Dengan demikian gambar dengan klaim PDIP akan mengusulkan penutupan pesantren di Indonesia merupakan hoaks lama yang kembali beredar. Narasi dalam artikel AndebaNews tidak menuliskan tentang klaim tersebut dan situs tersebut sudah dihapus, sehingga masuk dalam kategori yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://www.jawapos.com/ternyata-hoax/0168208/blog-clickbait-benturkan-pdip-dan-megawati-dengan-pesantren
https://turnbackhoax.id/2023/04/28/salah-pdip-usul-ke-pemerintah-agar-pesantren-ditutup-seluruh-indonesia/
https://turnbackhoax.id/2020/03/22/salah-pdip-usul-ke-pemerintah-agar-pesantren-di-tutup-seluruh-indonesia/
https://turnbackhoax.id/2021/10/29/salah-pdip-usul-penutupan-pesantren-di-seluruh-indonesia/
https://turnbackhoax.id/2018/04/11/salah-megawati-soekarnoputri-usul-ke-pemerintah-supaya-semua-pesantren-di-tutup/