[SALAH] Ganjar Menggunakan Baju Bertuliskan “CROT!!”

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Gambar Ganjar menggunakan baju bertuliskan “CROT!!” merupakan hasil editan. Faktanya, tulisan yang asli adalah “Dibawah Bendera Revolusi Dr. Ir. H. Soekarno” dan merupakan hoaks lama yang kembali beredar.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1695470205.47188/index.html

= = = = =

NARASI:
“CROT!!”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook Ali Ngabal memposting sebuah gambar Ganjar sedang menggunakan baju berwarna biru bertuliskan “CROT!!”. Postingan tersebut diunggah pada 23 September 2023.

Setelah ditelusuri menggunakan Google Image ditemukan gambar yang identik pada website humas.jatengprove.go.id “Cukur Gundul, Bentuk Empati Gubernur Jateng Pada Anak Penyintas Kanker” 28 Februari 2022. Gambar tersebut diambil saat Ganjar mencukur rambutnya sebagai bentuk dukungan pada anak-anak pejuang kanker pada Hari Kanker Anak Sedunia, Senin 28 Februari 2022. Jika dibandingkan kalimat yang ada di baju Ganjar bernarasi “Dibawah Bendera Revolusi Dr. Ir. H. Soekarno” bukan “CROT!!”. Hoaks tersebut juga pernah muncul pada bulan Mei 2023 dan merupakan hoaks lama yang kembali beredar.

Dengan demikian gambar Ganjar menggunakan baju bertuliskan “CROT!!” merupakan hasil editan. Tulisan yang asli adalah “Dibawah Bendera Revolusi Dr. Ir. H. Soekarno”, sehingga masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

REFERENSI:
https://humas.jatengprov.go.id/detail_berita_gubernur?id=6244
https://turnbackhoax.id/2023/05/03/salah-foto-ganjar-pranowo-mengenakan-kaos-bertuliskan-crot/