[SALAH] “ULAMA NU SEINDONESIA DOAKAN ANIES BASWEDAN JADI PRESIDEN 2024”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Faktanya, saat itu Anies Rasyid Baswedan sedang bersilaturahim di Pondok Pesantren Luhur Al-Tsaqafah,  dan doa tersebut dipimpin oleh Abuya, K.H. Said Aqil Siroj. Kamis (23/3/2023).

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

[SUMBER]: YOUTUBE
https://archive.cob.web.id/archive/1694531552.718258/index.html

=====

[NARASI]: Di pimpin eks ketum PBNU !! Ulama NU SE-INDONESIA doa kan Anies, Ganjar Prabowo kejang2 lihat ini

=====

[PENJELASAN]:
Kanal Youtube “NEGARA POLITIK” mengunggah video dengan klaim ulama NU seindonesia mendoakan Anies jadi presiden 2024.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi kredibel terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari news.detik.com dengan judujl artikel “PKB Jawab PBNU: Cak Imin Darah Hijau NU Sejak Lahir”.

Thumbnail yang memprtlihatkan lautan manusia identik dengan arikel milik pwnujatim.or.id dengan judul artikel “Di Ponpes Lirboyo 28-29 Juli, NU Jatim Gelar Konferwil 2018”.

Salah satu klip pada awal video yang menampilkan sosok Anies sedang berdoa, video tersebut identik dengan video yang diunggah kanal Youtube  Al-Tsaqafah dengan judul video “Silaturrahim H. Anies Rasyid Baswedan, Ph.D. dengan Santri PP Luhur Al-Tsaqafah”.

Dengan demikian, klaim tentang ulama NU seindonesia mendoakan Anies jadi presiden 2024 adalah salah dan masuk kategori konten yang dimanipulasi.

=====

[REFERENSI]:
https://news.detik.com/pemilu/d-6912297/pkb-jawab-pbnu-cak-imin-darah-hijau-nu-sejak-lahir
https://pwnujatim.or.id/di-ponpes-lirboyo-28-29-juli-nu-jatim-gelar-konferwil-2018/
https://www.youtube.com/watch?v=8I9FKuWrCC8