[SALAH] “AHY Dilarikan Ke Rumah Sakit gara-gara Anies Baswedan”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi menyesatkan. Judul dan isi video tidak sesuai dan narator dalam video tersebut tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa AHY dilarikan ke Rumah Sakit gara-gara Anies Baswedan.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.cob.web.id/archive/1695273019.989522/index.html

=====

[NARASI]: tepat malam ini 4hy dil4rikan ke RS ! gara gara 4nies kondisi putra s-by jadi begini

=====

[PENJELASAN]:
Beredar unggahan video di media sosial Facebook dengan nama pengguna “Dua Arah” unggahan video tersebut bernarasi bahwa  AHY dilarikan ke Rumah Sakit gara-gara Anies Baswedan.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi kredibel terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu.

Thumbnail video merupakan hasil rekayasa, gambar asli merupakan mobil jenazah yang membawa jenazah Presiden ke-3 RI, B.J. Habibie dan tidak ada sosok Susilo Bambang Yudhoyono.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari seword.com dengan judul artikel “AHY Muntah Darah Dikhianati Anies Baswedan, Surya Paloh Bakal Ciut Nyali Setelah Dipanggil Jokowi”.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim bahwa  AHY dilarikan ke Rumah Sakit gara-gara Anies Baswedan adalah salah dan amsuk kategori konten yang dimanipulasi.

=====

[REFERENSI]:
https://foto.bisnis.com/view/20190911/1147354/jenazah-b.j.-habibie-menuju-ke-rumah-duka
https://seword.com/umum/ahy-muntah-darah-dikhianati-anies-baswedan-surya-VqC5R6ATcG