[SALAH] JOKOWI SIAPKAN PERANG MELAWAN RAKYAT MELAYU

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani

Tidak ditemukan pernyataan Jokowi untuk perang melawan rakyat Melayu di dalam video. Video menjelaskan terkait konflik kepentingan di Pulau Rempang.

[KATEGORI]
Konten yang Menyesatkan

[SUMBER]
Youtube
https://archive.cob.web.id/archive/1694967335.587566/index.html

[NARASI]
“Jokowi Siapkan Perang Melawan Rakyat Melayu”

[PENJELASAN]
Beredar sebuah unggahan video Youtube yang mengklaim bahwa Jokowi menyiapkan skenario perang melawan rakyat Melayu. Video yang berdurasi lima menit tersebut, menyebut Jokowi rela bertempur melawan rakyat demi China. Faktanya, tidak ditemukan pernyataan Jokowi terkait skenario perang melawan rakyat Melayu.

Narator video menarasikan artikel dari democrazy.id yang berjudul “Jokowi Siapkan Perang Melawan Rakyat Melayu,” yang diunggah tanggal 15 September 2023. Artikel tersebut merupakan opini dari M Rizal Fadillah Pemerhati Politik dan Kebangsaan. Opini tersebut terkait konflik penggusuran penduduk etnis Melayu 16 kampung tua Rempang secara paksa.

Dengan demikian, klaim terkait Jokowi siapkan perang melawan Melayu adalah tidak benar. Informasi tersebut termasuk dalam kategori konten yang menyesatkan. 

[REFERENSI]
https://www.democrazy.id/2023/09/jokowi-siapkan-perang-melawan-rakyat.html

https://nasional.kompas.com/read/2023/09/12/12434781/soal-ricuh-di-pulau-rempang-jokowi-bentuk-komunikasi-yang-kurang-baik