[SALAH] Foto Ganjar Membersihkan WC Umum

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani

Foto hasil manipulasi. Faktanya, pada foto Ganjar sedang membersihkan lumut di tempat air wudhu di Pondok Pesantren Sukawarah Roudlotus Sholichin Sholichat di Desa Kalijaran, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Purbalingga, Sabtu (19/2/2022).

==========
[KATEGORI]
Konten Yang Dimanipulasi

==========
[SUMBER]
Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1695273801.82082/index.html#singlefile.html

===========
[NARASI]
“PRESTASINYA..
Menjadikan Jateng Daerah Termiskin Dan Upah Buruh Paling Rendah Sedunia”

=============
[PENJELASAN]
Sebuah akun Facebook mengunggah foto yang menampilkan Ganjar Pranowo sedang membersihkan toilet umum dalam posisi jongkok. Ganjar menggunakan baju berwarna putih serta peci di kepala. Disebelah Ganjar tampak ada seorang wanita yang sedang mencuci pakaian. Faktanya, foto tersebut hasil manipulasi aplikasi pengolah gambar.

Berdasarkan penelusuran Google Image Search, ditemukan foto yang identik. Foto Ganjar sedang Jongkok menggunakan peci mirip adalah momen Ganjar membersihkan lumut di tempat air wudhu di Pondok Pesantren Sukawarah Roudlotus Sholichin Sholichat di Desa Kalijaran, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Purbalingga, Sabtu (19/2/2022). Foto aslinya dapat dilihat pada artikel tribunnews.com dengan judul “Ganjar Pranowo Ajari Para Santri Bersihkan Lumut di Tempat Wudhu dan Ingatkan soal Prokes.”

Sedangkan toilet dalam foto adalah illustrasi Pemprov DKI Jakarta telah merevitalisasi fasilitas MCK di Kelurahan Pinangsia, Jakarta Barat, agar warga bisa hidup layak dan beradab. Foto tersebut dapat dilihat pada artikel tribunnews.com dengan judul “Pemprov DKI Revitalisasi MCK Kelurahan Pinangsia, Prihatin Ada Warga yang Hidup tak Layak.”

============
[REFERENSI]
https://wartakota.tribunnews.com/2022/12/13/pemprov-dki-revitalisasi-mck-kelurahan-pinangsia-prihatin-ada-warga-yang-hidup-tak-layak

https://wartakota.tribunnews.com/2022/02/19/ganjar-pranowo-ajari-para-santri-bersihkan-lumut-di-tempat-wudhu-dan-ingatkan-soal-prokes