[SALAH] Serangan Alien ke Penduduk Bumi, Kebakaran Hawai Hanya Membakar Rumah Warga

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga

Faktanya, melalui tayang lengkap Sky News, tampak bahwa kebakaran yang melanda Pulau Haui ini telah membakar hampir seluruh pulau, termasuk rumah-rumah warga dan bangunan, serta pohon-pohon yang ada.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====

[SUMBER]: Twitter

https://archive.fo/BDq5X

=====

[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====

[NARASI]:

“Semakin meyakinkan kalau Kebakaran di Maui – Hawaii adalah ulah Alien yg melakukan serangan terhadap penduduk Bumi. Perang antar para penghuni planet di jagat raya sepertinya baru dimulai.. bersiaplah…”

=====

[PENJELASAN]:

Baru-baru ini, beredar sebuah informasi di media sosial Twitter mengenai bencana alam kebakaran hutan yang terjadi di Hawai, Selasa 8 Agustus 2023 lalu. Salah satunya adalah akun Twitter dengan nama @abu_waras, yang membagikan unggahan video dengan narasi yang menyebutkan bahwa kebakaran hutan yang membakar Pulau Haui di Hawai ini merupakan bencana alam yang disebabkan oleh ulah dari alien yang ingin menyerang penduduk bumi. Hal ini disebutkan karena melalui foto kebakaran yng ditampilkan, tampak api hanya membakar rumah-rumah warga, tanpa menyentuh pohon-pohon yang ada di sekitarnya.

Namun setelah menelusuri terkait narasi yang ada di dalam unggahan tersebut, terdapat beberapa kekeliruan yang terkandung di dalamnya. Perlu diketahui sebelumnya, bahwa kebakaran yang melanda Pulau Haui di Big Island Hawai ini merupakan kebakaran besar yang telah menewaskan setidaknya 53 orang dan menyebabkan seribu orang belum jelas nasibnya, juga memaksa ribuan penduduk dan turis mengungsi. Walaupun belum diketahui pasti penyebab kebakaran ini, Ilmuwan Iklim, Daniel Swain, menyatakan bahwa kebakaran yang terjadi merupakan kebakaran antarmuka perkotaan lahan liar klasik di mana ada kebakaran vegetasi tetapi berpindah ke daerah perkotaan dan mulai membakar struktur demi struktur.

Semakin parahnya kebakaran juga disebabkan oleh angin dari Badai Dora, ratusan mil barat daya Kepulauan Hawaii di Samudra Pasifik, yang telah mengipasi api di seluruh negara bagian AS tersebut. Selain Dora, sistem tekanan rendah di sebelah barat dekat Jepang juga berkontribusi terhadap angin kencang yang berkelanjutan. Vegetasi kering juga merupakan faktor penyebab. Penyebaran rumput non-asli yang mudah terbakar seperti rumput Guinea di area bekas lahan pertanian dan hutan telah menciptakan sejumlah besar bahan kecil yang mudah terbakar yang meningkatkan risiko dan tingkat keparahan kebakaran.

Sebuah tayangan dari Youtube Sky News yang diunggah pada 12 Agustus 2023 lalu, menunjukkan kondisi dari Pulau Haui setelah kebakaran hebat yang melanda. Melalui video yang diambil dari atas menggunakan helicopter, tampak dengan jelas kondisi dari Pulau Haui yang porak poranda. Terlihat rumah-rumah dan bangunan hancur, serta pohon-pohon yang terbakar dan menyisakan ranting-ranting serta daun-daun kering. Hal ini mematahkan klaim yang menyatakan bahwa api hanya membakar rumah-rumah warga saja. Melalui video ini tampak jelas bahwa api membakar seluruh isi pulau.

Jadi dapat disimpulkan bahwa klaim yang menyatakan bahwa kebakaran di Hawai ini disebabkan oleh alien karena hanya membakar rumah-rumah tanpa membakar pohon-pohon disekitarnya, merupakan klaim yang keliru dan termasuk kedalam misleading content atau konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:

https://dunia.tempo.co/read/1758656/ini-kronologi-kebakaran-hutan-di-hawaii-yang-menewaskan-53-orang