[SALAH] Modifikasi Gigi Ditemukan pada Mumi Mesir yang Berumur 4000 Tahun

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga

Faktanya, gambar tersebut merupakan replika buatan Dokter Gigi asal Italia, Vincenzo Guerini, yang terdapat di Museum Kedokteran Gigi Nasional Universitas Maryland di Baltimore dan tidak ada hubungannya dengan Mumi Mesir.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====

[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====

[SUMBER]: TWITTER

https://archive.fo/aaJyb

=====

[NARASI]:

“Modificación dental encontrada de una momia egipcia con una antigüedad de más de 4000 años. (Spanyol)

—- Modifikasi gigi ditemukan pada mumi Mesir dengan umur lebih dari 4000 tahun.”

=====

[PENJELASAN]:

Beredar sebuah unggahan di media sosial Twitter, sebuah foto kerangka gigi yang diklaim merupakan modifikasi gigi Mumi Mesir, yang berumur lebih dari 4000 tahun. Foto yang diunggah oleh akun @InformaCosmos ini, menunjukkan kerangka gigi pada tengkorak manusia yang diikat dengan sebuah kawat berwarna keemasan. Apakah benar foto ini merupakan foto kerangka gigi Mumi Mesir yang berusia lebih dari 4000 tahun?

Setelah dilakukan penelusuran mengenai kebenaran informasi ini, ditemukan sebuah ulasan artikel yang persis membahas mengenai foto yang sama dengan yang diunggah oleh akun media sosial @InformaCosmos ini. Melansir dari artikel cek fakta AFP Fact Check yang berjudul, “These images show a model created by an Italian dentist in the 1900s” diketahui bahwa informasi yang menyebutkan bahwa foto kerangka gigi milik Mumi Mesir tersebut adalah hoaks lama yang kembali beredar. Foto pada unggahan tersebut diketahui merupakan foto dari koleksi Museum Kedokteran Gigi Nasional Universitas Maryland di Baltimore.

Kurator museum, Dr. Scott Swank menyatakan bahwa foto-foto yang beredar di media sosial merupakan model buatan Dokter Gigi Italia, Vincenzo Guerini, yang dibuat sekitar tahun 1901, yang menggambarkan “jembatan menggunakan gigi manusia yang dipasang melalui kawat emas atau pita emas”. Hal ini kemudian ditegaskan dengan tambahan informasi dari sarjana yang menyatakan bahwa model Guerini ini tidak mewakili kedokteran gigi Mesir kuno.

Asisten Direktur Museum, Patric Cutter, menyatakan bahwa Guerini terbiasa membuat replika kuno dengan potongan tengkorak. Saat itu, cara umum untuk mengganti gigi yang hilang adalah dengan menggunakan kawat atau pita logam lunak (terutama emas), yang melilit gigi pengganti, dengan gigi sebelahnya masih tertinggal di dalam mulut.

Sebuah buku tahun 1909 dari Guerini berjudul “A History of Dentistry,” menampilkan gambar perangkat yang tampak persis seperti yang ada di dalam unggahan. Guerini menyatakan bahwa contoh karya ini ditemukan di sebuah makam kuno di “pekuburan Saida” dan mencatat bahwa dua gigi tampaknya berasal dari orang yang berbeda sebagai “pengganti gigi yang hilang.”

Jadi dapat disimpulkan bahwa unggahan dengan klaim yang menyatakan bahwa foto yang ada di dalamnya merupakan modifikasi gigi pada Mumi Mesir yang berumur 4000 tahun merupakan informasi yang salah dan termasuk ke dalam kategori misleading content atau konten menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:

https://checkyourfact.com/2022/02/07/fact-check-egypt-artifact-teeth-dental-work/

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.323Q49J

https://www.gutenberg.org/files/51991/51991-h/51991-h.htm#Page_19

https://www.forbes.com/sites/kristinakillgrove/2015/09/06/10-bonehead-interpretations-of-ancient-skeletons/?sh=3539cc3f02cc