[SALAH] MENGEJUTKAN ISTANA!! DUWET ANIES DAN SUSI AKHIRNYA DIRESMIKAN SURYA PALOH DAN PARPOL LAIN

Hasil periksa fakta Ummul Hidayah. Unggahan video dengan klaim pasangan Anies dan Susi telah diresmikan oleh Surya Paloh dan Parpol lain. Unggahan tersebut hanya menarasikan artikel terkait sinyal atau tanggapan positif yang diberikan Susi pada cuitannya di Twitter terkait berita tentang dirinya yang dipasangkan dengan Anies Baswedan bukan berita tentang peresmian Susi Pudjiastuti menjadi cawapres Anies.

=========
[KATEGORI]: Konten dimanipulasi.

========
[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1691822044.87208/singlefile.html
https://youtu.be/9vB259RJ_dI?si=bcoBoBbvf–iACeD (YouTube)

=====
[NARASI]: “MENGEJUTKAN ISTANA!! DUWET ANIES DAN SUSI AKHIRNYA DIRESMIKAN SURYA PALOH DAN PARPOL LAIN”

============
[PENJELASAN]:

Akun YouTube Suara Politik pada 11 Agustus 2023 mengunggah video dengan judul “MENGEJUTKAN ISTANA!! DUWET ANIES DAN SUSI AKHIRNYA DIRESMIKAN SURYA PALOH DAN PARPOL LAIN”.  Judul tersebut tidak sesuai dengan isi dari video yang diunggah. Video yang berdurasi 8 menit 5 detik itu tidak membahas peresmian Susi Pudjiastuti menjadi cawapres Anies Baswedan, tetapi hanya tanggapan positif Susi terkait berita dirinya yang dipasangkan dengan Anies Baswedan sebagai cawapres.

Unggahan tersebut menarasikan artikel milik Egista Hidayah berjudul “Susi Pudjiastuti Tanggapi Sinyal Positif Anies Baswedan Soal Bakal Cawapres” yang diunggah pada laman PikiranRakyat.com tanggal 6 Agustus 2023. Artikel ini membahas tentang tanggapan positif yang disampaikan oleh Susi Pudjiastuti terkait berita dirinya yang akan menjadi cawapres Anies Baswedan.

==========
[REFERENSI]:
 – https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/amp/pr-016964277/susi-pudjiastuti-tanggapi-sinyal-positif-anies-baswedan-soal-bakal-cawapres?page=2