[SALAH] Baju Adat Jokowi di Upacara Kemerdekaan Mengandung Makna Negatif

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Faktanya baju adat yang dikenakan Presiden Jokowi adalah baju adat Ageman Songkok Singkepan Ageng yang merupakan salah satu jenis baju kebesaran Raja Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: Youtube https://archive.cob.web.id/archive/1692929814.381469/singlefile.html 

===========

[NARASI]: “ MENGERIKAN⁉️INI MAKNA TUTUP KEPALA JKW MIRIP KASIM CINA & AMANGKURAT 1

===========

[PENJELASAN]: 

Usai upacara memperingati Hari Kemerdekaan kemarin, muncul beragam isu isu terhadap baju adat yang dikenakan Presiden Jokowi.

Salah satu klaim yang membingkai isu negatif terkait baju adat Presiden Jokowi dibagikan melalui video yang diunggah Arena Politik pada 22 Agustus 2023 lalu.

Video tersebut menarasikan jika baju adat Presiden Jokowi tersebut merupakan baju adat yang mempresentasikan suatu tokoh tertentu. Dalam judulnya ia mengklaim bahwa baju adat tersebut memiliki tutup kepala yang mirip dengan kasim Cina dan Amangkurat 1.

Setelah dilakukan pencarian fakta, baju adat yang dikenakan oleh presiden tersebut merupakan salah satu baju kebesaran Raja Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat bernama Ageman Songkok Singkepan Ageng.

Berdasarkan temuan informasi tersebut maka disimpulkan bahwa baju adat yang dikenakan presiden itu merupakan baju kebesaran Raja Keraton Surakarta, sehingga baju adat tersebut tidak memiliki makna untuk mempresentasikan satu tokoh tertentu saja.

===========

 [REFERENSI] :

https://nasional.tempo.co/read/1761066/makna-pakaian-adat-yang-dikenakan-jokowi-keraton-surakarta-pemakainya-komandan-tertinggi

https://news.detik.com/berita/d-6882407/filosofi-ageman-songkok-singkepan-ageng-yang-dikenakan-jokowi

\