[SALAH] Putri Ariani Diundang Joe Biden

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video dengan judul yang mengklaim bahwa Joe Biden mengundang Putri Ariani untuk bernyanyi di acara ulang tahun putrinya merupakan konten yang menyesatkan. Faktanya, judul pada unggahan tersebut tidak sesuai dengan isi dan narasi dalam video.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1689658115.416776/singlefile.html (YouTube)

=======

[NARASI]: ‚ÄúPutri Ariani Di Undang Presiden Amerika Joe Biden Untuk Menyanyi Di Acara Ulang Tahun Putri Sulungny”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube Anugrah Selebriti (https://www.youtube.com/@anugrahselebriti) pada 16 Juni 2023 mengunggah video dengan judul dan thumbnail yang mengklaim bahwa Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, mengundang Putri Ariani untuk bernyanyi di acara ulang tahun putri sulungnya.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya judul pada unggahan tersebut tidak sesuai dengan isi dan narasi dalam video.

Nyatanya, isi dan narasi dalam video tersebut hanya menjelaskan mengenai kritik yang diterima oleh salah satu juri ajang America’s Got Talent, Simon Cowell, yang dianggap membosankan karena terlalu baik ke kontestan sehingga membuat ajang menjadi terlihat sangat mudah dan membosankan. Sepanjang video pun, tidak ditemukan adanya informasi yang menyebut bahwa Putri Ariani mendapatkan undangan dari Joe Biden seperti yang tertulis pada judul unggahan.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube Anugrah Selebriti merupakan informasi yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:

https://www.kompas.com/hype/read/2023/06/20/202905966/dikritik-karena-terlalu-lembek-sebagai-juri-simon-cowell-bagaimana-jika?page=all
https://celebrity.okezone.com/read/2023/06/15/33/2831600/simon-cowell-dikritik-hingga-diminta-mundur-dari-juri-agt-putri-ariani-tetap-ingin-dimentori
https://news.detik.com/berita/d-6768613/7-fakta-putri-ariani-peraih-golden-buzzer-americas-got-talent-asal-ri