[SALAH] PAN DAN DEMOKRAT SIAP MENANGKAN ANIES DI PILPRES 2024

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Judul dan isi video tidak berkaitan, selain thumbnail merupakan hasil manipulasi, dalam video juga tidak ditemukan pemberitaan terkait PAN dan Demokrat siap menangkan Anies di Pilres 2024.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1689180473.032273/singlefile.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
ketakutan PDIP terjadi !! 2 biru bersatu ,pan & Demokrat siap kawal Anies ke kursi Jokowi

MENGEJUTKAN..!!!
2 BIRU BERSATU
PAN & DEMOKRAT SIAP MENANGKAN ANIES DI 2024

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube POLITIK NEGARA yang menampilkan sosok AHY, Zulkifli Hasan dan Anies dalam satu panggung dengan narasi yang menyatakan bahwa PAN dan Demokrat siap mengangkan Anies di Pilpres 2024.

Setelah menonton keseluruhan isi video, tidak ditemukan informasi valid terkait klaim yang dinarasikan dalam video. Video tersebut hanya berisi beberapa cuplikan video serta gambar dari peristiwa berbeda yang tidak ada kaitannya dengan klaim tersebut.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari mediaindonesia.com berjudul “Parpol Pendukung Anies akan Keliling Indonesia Bersama-sama” yang tayang pada 20 Juni 2023.

Thumbnail yang menampilkan sosok AHY, Zulkifli Hasan dan Anies dalam satu panggung identik dengan foto yang dimuat artikel tribunnews.com berjudul “Giatkan Olahraga, Zulhas Birukan Lapangan Sempur Bogor Lewat Senam Sehat” yang diunggah pada 14 Januari 2023.

Dalam foto aslinya tidak menampilkan sosok AHY dan Anies, thumbnail tersebut merupakan hasil manipulasi dari foto Kampanye hidup sehat PAN yang dihadiri Ketum PAN dan Walikota Bogor Bima Arya yang digelar di Lapangan Sempur Kota Bogor 14 Januari 2023.

Dengan demikian, klaim bahwa PAN dan Demokrat siap mengangkan Anies di Pilpres 2024 tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://mediaindonesia.com/politik-dan-hukum/591067/parpol-pendukung-anies-akan-keliling-indonesia-bersama-sama

https://depok.tribunnews.com/2023/01/14/giatkan-olahraga-zulhas-birukan-lapangan-sempur-bogor-lewat-senam-sehat