[SALAH] Video Fenomena Gerhana Matahari Singkat di Perbatasan Kanada, Alaska, dan Rusia

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya video tersebut buatan CGI karya seniman digital Aleksey Patrev. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Twitter

https://ghostarchive.org/archive/elDPb

= = =

Narasi:

“This video was filmed inside the Arctic Circle, between the Canada-Alaska-Russia border. This phenomenon can only be observed once a year, for 36 seconds. It occurs at perigee, the point where the moon is closest to the earth. Immediately afterward, there’s a 5-sec solar eclipse.”

Terjemahan:

“Video ini direkam di dalam Lingkaran Arktik, antara perbatasan Kanada-Alaska-Rusia. Fenomena ini hanya bisa diamati setahun sekali, selama 36 detik. Itu terjadi di perigee, titik di mana bulan paling dekat dengan bumi. Segera setelah itu, ada gerhana matahari 5 detik.”

= = =

Penjelasan:

Unggahan di Twitter pada 28 Juni 2023 membagikan sebuah video yang menunjukkan terbitnya bulan yang terlihat besar selama 36 detik. Video tersebut diklaim merupakan fenomena langka yang hanya terjadi setahun sekali. Dalam video tersebut juga terlihat bulan menutupi matahari sehingga menimbulkan gerhana matahari selama 5 detik.

Setelah ditelusuri klaim menyesatkan, faktanya video tersebut merupakan hasil dari CGI. Dilansir dari Reuters.com, video tersebut dibuat oleh seniman digital bernama Aleksey Patrev. Video tersebut telah berulang kembali menjadi bahan hoax, sebelumnya sudah ada beberapa bantahannya pada lama turnbackhoax.id.

Dengan demikian, video gerhana matahari singkat di perbatasan Kanada, Alasaka, dan Rusia adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.reuters.com/article/factcheck-science-arctic-idUSL2N2WP22T

===