[SALAH] Foto Ditemukannya Puing Kapal Titanic Submarine

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya foto tersebut diambil pada tahun 2004 saat ekspedisi kapal Titanic yang dilakukan oleh NOAA Ocean Exploration dan Institute for Exploration, Center for Archaeological Oceanography/University of Rhode Island. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Twitter

https://archive.is/w27X1

= = =

Narasi:

“Breaking News : A Debris field has been discovered near the Titanic by a remotely operated vehicle. Us Coast guard will brief the public. #Titan #submarino #Titanic #titanicsubmarine #Submersible #titanicsubmersible #sajii_writes”

Terjemahan:

“Breaking News : Bidang Puing telah ditemukan di dekat Titanic oleh kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh Penjaga Pantai AS akan memberi pengarahan kepada publik #Titan #submarino #Titanic #titanicsubmarine #Submersible #titanicsubmersible #sajii_writes”

= = =

Penjelasan:

Cuitan di Twitter membagikan sebuah foto yang menunjukkan sebuah puing kapal di bawah laut. Dalam cuitan tersebut disematkan tagar Titanic Submarine yang identik dengan wisata dasar laut untuk melihat bangkai kapal Titanic, diketahui belum lama ini kapal selama tersebut hilang karena ledakan implosion.

Setelah ditelusuri klaim salah, faktanya foto tersebut tidak ada kaitannya dengan kapal selam Titanic Submarine yang belum lama ini hilang. Dilansir dari AFP, foto tersebut diambil pada 2004 oleh NOAA Ocean Exploration dan Institute for Exploration, Center for Archaeological Oceanography/University of Rhode Island saat mengekspedisi bangkai kapal Titanic.

Dengan demikian, Foto Ditemukannya Puing Kapal Titanic Submarine adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.33KT3FT

https://www.alamy.com/this-2004-image-provided-by-the-university-of-rhode-islands-institute-for-exploration-and-center-for-archaeological-oceanography-and-the-national-oceanic-and-atmospheric-administrations-office-of-ocean-exploration-shows-the-shoes-of-one-of-the-possible-victims-of-the-titanic-disaster-a-companys-plan-to-retrieve-the-titanics-radio-has-sparked-a-debate-over-whether-the-famous-shipwreck-still-holds-human-remains-institute-for-exploration-and-center-for-archaeological-oceanographyuniversity-of-rhode-islandnoaa-office-of-ocean-exploration-via-ap-image530113130.html?irclickid=Tc0yAKSzoxyNWYew1s1Z%3AV0SUkFxKOWuHzRVSI0&irgwc=1

===