[SALAH] “JOKOWI PECAT MENTRI YANG USULKAN KUDETA KONSTITUSI SOAL PENUNDAAN PILPRES 2024”

Hasil periksa fakta Yudho ardi

Faktanya judul, isi, dan thumbnail tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan pemberitaan tentang Jokowi pecat Mentri yang usulkan kudeta konstitusi terkait penundaan pilpres 2024.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.cob.web.id/archive/1689692620.871271/singlefile.html

=====

[NARASI]: V1ral ~ Dic0pot L4ngsung Pagi Ini,Tak Sep4kat Pi1pres 2024 Dige1ar Jokowi Ambil Keputusan Ini

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun Facebook dengan nama pengguna “Golliat” mengunggah video dengan narasi bahwa Jokowi pecat Mentri yang usulkan kudeta konstitusi terkait penundaan pilpres 2024.

Setelah melakukan penelusuran, thumbnail video tersebut merupakan hasil editan dan isi video tersebut adalah potongan video dari peristiwa yang tidak berkaitan.

Narator dalam video hanya membacakan salah satu artikel milik RMOL.ID yang berjudul “Biar Tidak Dicurigai, Jokowi Pecat Saja Menteri Usulkan Kudeta Konstitusi”.

Gambar thumbnail identik dengan artikel milik medcom.id gambar tersebut merupakan peristiwa saat Presiden Joko Widodo melantik menteri dan pejabat setingkat menteri dalam Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024. Pelantikan dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 23 Oktober 2019.

Salah satu cuplikan video yang identik memperlihatkan sosok Anthony Budiawan yang sedang berbicara soal Daya beli masyarakat masih anjlok dan penjualan ritel juga masih suram, video identik dapat dilihat melalui akun Youtube milik tvOneNews dengan judul video “Ekonomi RI Masih Turun! Anthony Budiawan: Saya Cukup Pesimis”.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim bahwa Jokowi pecat Mentri yang usulkan kudeta konstitusi terkait penundaan pilpres 2024adalah salah dan masuk kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://politik.rmol.id/read/2022/03/05/525781/biar-tidak-dicurigai-jokowi-pecat-saja-menteri-usulkan-kudeta-konstitusi

https://youtu.be/MxvhbApYpm4
https://www.medcom.id/foto/news/9K5rz23N-kabinet-indonesia-maju-dilantik