[SALAH] CNN Indonesia: Airlangga Pimpin Paling Depan Mengajak Relawan KIB Maju Menangkan Anies-Khofifah 2024

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Video tersebut tidak benar. Faktanya, tidak ada video dengan narasi tersebut pada kanal Youtube CNN Indonesia. Gambar thumbnail yang asli merupakan deklarasi KIB yang dipimpin Ketua Umum Partai Golkar Hartarto yang menginstruksikan agar kader KIB mendukung pembangunan IKN dan tidak ada Anies dalam gambar asli. Isi video tersebut tidak membahas mengenai Airlangga memimpin relawan KIB menangkan Anies-Khofifah 2024.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konteks yang Dimanipulasi

= = = = =

SUMBER: Youtube
https://archive.cob.web.id/archive/1689692169.910235/singlefile.html

= = = = =

NARASI:
“INI BARU MANTAP……!!
AIRLANGGA PIMPIN PALING DEPAN
AJAK RIBUAN RELAWAN KIB MAJU MENANGKAN ANIES-KHOFIFAH”

= = = = =
PENJELASAN:
Akun Youtube Suara Rakyat memposting video berjudul “CAPRES LAIN KETAR KETIR :bangbang: 3 KETUM KIB RESMI MENANGKAN ANIES-KHOFIFAH 2024…” pada 18 Juli 2023. Video tersebut memiliki tampilan thumbnail beberapa tokoh partai dari PAN, Golkar, PPP serta terdapat Anies yang berjajar berpegangan tangan dengan klaim narasi Airlangga pimpin paling depan mengajak ribuan relawan KIB maju menangkan Anies-Khofifah pada tahun politik 2024. Dalam thumbnail juga mencantumkan logo CNN Indonesia.

Setelah ditelusuri pada kanal Youtube CNN Indonesia tidak ditemukan video dengan narasi yang ada di thumbnail. Lebih lanjut penelusuran menggunakan gambar thumbnail, ditemukan gambar yang identik pada artikel rakyatsulsel.fajar.co.id berjudul “Airlangga Imbau Kader KIB Kalimantan Sukseskan Pembangunan IKN” pada 18 Juni 2022. Tidak ada Anies dalam gambar tersebut. Gambar tersebut merupakan deklarasi Koalisi Indonesia Bersatu pada Jumat, 17 Juni 2022 di Pulau Kalimantan. Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto saat memberikan pidato menginstruksikan seluruh kader partai KIB agar mendukung suksesnya pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Dalam artikel tersebut juga tidak membahas mengenai KIB resmi menangkan Anies-Khofifah.

Isi dalam video tersebut tidak ada membahas mengenai KIB memenangkan Anies-Khofifah. Narasi yang disampaikan pada video tersebut merupakan narasi pada artikel milik holopis.com berjudul “Partai Nasdem Pertanyakan Konsistensi Demokrat dan PKS Dukung Anies”. Dalam artikel tersebut juga tidak membahas mengenai Airlangga memimpin relawan KIB maju menangkan Anies-Khofifah.

Dengan demikian video tersebut tidak benar. Gambar thumbnail yang asli merupakan deklarasi KIB yang dipimpin Ketua Umum Partai Golkar Hartarto yang menginstruksikan agar kader KIB mendukung pembangunan IKN dan tidak ada Anies dalam gambar asli, sedangkan isi video tersebut tidak membahas mengenai Airlangga memimpin relawan KIB menangkan Anies-Khofifah 2024, sehingga masuk dalam kategori konten dimanipulasi.

REFERENSI:
https://rakyatsulsel.fajar.co.id/2022/06/18/airlangga-imbau-kader-kib-kalimantan-sukseskan-pembangunan-ikn/
https://holopis.com/2023/07/16/223162/partai-nasdem-pertanyakan-konsistensi-demokrat-dan-pks-dukung-anies/2/