[SALAH] “Trisakti menyambut ide people power #RakyatCabutMandatJokowi”

MENYESATKAN, TIDAK berkaitan dengan Koalisi People Power saat ini (2023). FAKTA: video yang dibagikan sudah beredar sebelumnya pada tahun lalu (2022), berkaitan dengan aksi penyampaian pendapat menolak kenaikan BBM.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konteks yang Salah.

SUMBER: Twitter, https://archive.ph/XSWWm (arsip cadangan).

NARASI: “Trisakti menyambut ide people power dg sikap dan tindakan.

#RakyatCabutMandatJokowi

#RakyatCabutMandatJokowi”

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konteks yang Salah: Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah” [1]

SUMBER membagikan konten dengan konteks informasi yang SALAH sehingga menyebabkan kesimpulan yang MENYESATKAN, FAKTA: TIDAK berkaitan dengan Koalisi People Power saat ini (2023). Video yang dibagikan sudah beredar sebelumnya pada tahun lalu (2022), berkaitan dengan aksi penyampaian pendapat menolak kenaikan BBM.

Verifikasi Video

Salah satu video dengan bagian yang identik dengan yang dibagikan oleh SUMBER yang dipublikasikan sebelumnya pada 15 Sep 2022, INDONESIANA TV NEWS di YouTube: “GEMPAR . RATUSAN NAHASISWA TRISAKTI & RAKYAT TERIAKKAN JTURUN TURUN TURUN JOKOWI. MIRIP TAHUN 1998 .” [2]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

TRIBUNNEWS.COM pada 13 Sep 2022: “Ribuan mahasiswa menggelar aksi demonstrasi tolak kenaikan harga BBM di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Selasa (13/9/2022). Pantauan Tribunnews.com di lokasi, massa sempat mencoba merobohkan blokade beton separator dan kawat berduri yang tengah membentang. …” [3]

Rocky Gerung Official di YouTube pada 15 Sep 2022: “GERAKAN MAHASISWA TERUS BERLANJUT “TURUNKAN JOKOWI”” [4]

Berkaitan dengan Koalisi People Power 2023, hasil pencarian Google News dengan kata kunci: “people power 2023” [5]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.ph/iCp3w (arsip cadangan).

[2] youtube.com: “GEMPAR . RATUSAN NAHASISWA TRISAKTI & RAKYAT TERIAKKAN JTURUN TURUN TURUN JOKOWI. MIRIP TAHUN 1998”, https://bit.ly/3Dlvf1u / https://archive.ph/4cA1G (arsip cadangan).

[3] tribunnews.com: “Bakar Ban di Patung Kuda, Mahasiswa Nyanyikan Lagu Selamat Ulang Tahun untuk Puan Maharani”, https://bit.ly/3NZrxiX / https://archive.ph/tJ2Tk (arsip cadangan).

[4] youtube.com, https://bit.ly/3ryablR / https://archive.ph/CE1Eu (arsip cadangan).

[5] google.com, https://bit.ly/43vMubd / https://archive.ph/5Z1Lx (arsip cadangan).