[SALAH] Ganjar Minum Minuman Beralkohol

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Klaim bahwa Ganjar minum minuman beralkohol tidak benar. Faktanya, Ganjar sedang minum Es Teh Panser bukan minuman beralkohol atau miras.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

= = = = =

SUMBER: Tiktok
https://archive.cob.web.id/archive/1689398021.90453/singlefile.html

= = = = =

NARASI:
“WAH PAK GANJAR MINUM APA TUH !?
minuman beralkohol di bilang es teh dikira rakyat bodoh mau di bawa kmn negara ini”

= = = = =
PENJELASAN:
Akun Tiktok arifin.1230 memposting sebuah video berdurasi 46 detik. Video tersebut memperlihatkan Ganjar sedang meminum minuman dengan kemasan botol. Dalam video terdapat narasi yang mengklaim bahwa minuman tersebut adalah minuman beralkohol.

Setelah ditelusuri menggunakan kata kunci ganjar minum beralkohol ditemukan artikel berjudul “Viral Momen Ganjar Pranowo Sedang Menenggak Miras, Ini Faktanya” milik tvonenews.com yang diunggah pada 14 Juli 2023. Berdasarkan artikel tersebut didapatkan informasi bahwa minuman yang diminum Ganjar adalah teh bukan miras. Dua orang di sebelah Ganjar pada video tersebut juga menyebutkan bahwa yang diminum adalah Es Teh Panser.

Jika ditelusuri lebih lanjut video tersebut juga ditemukan pada akun Yotube TASS Bukan Kantor Berita dengan judul “Ganjar Pranowo minum es teh dgn botol khusus /Butet bilang yg mlintir asu.. /ArtJog, 10/7.” dan akun Twitter @yusuf_dumdum yang juga memposting bahwa minuman yang diminum Ganjar adalah Es Teh Panser bukan minuman beralkohol atau miras.

Dengan demikian klaim bahwa Ganjar minum minuman beralkohol tidak benar. Faktanya Ganjar sedang minum Es Teh Panser bukan minuman beralkohol atau miras, sehingga masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://www.tvonenews.com/berita/137344-viral-momen-ganjar-pranowo-sedang-menenggak-miras-ini-faktanya
https://twitter.com/yusuf_dumdum/status/1679532312311259138?s=46&t=03TspiOb6h0vYYsLfA_PPQ
https://www.youtube.com/watch?v=7i-k0J-R8rY