[SALAH] PDIP Retak, Megawati Salah Pilih Capres Elit Partai Enggan Dukung Ganjar

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Narasi dalam video justru berisi bantahan mengenai isu keretakan hubungan Megawati dan Jokowi yang sebelumnya beredar. Bantahan ini disampaikan oleh Ketua DPC PDIP Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1689062783.783932/singlefile.html (YOUTUBE)

=====

[NARASI]: “Pdip retak !! Mega Salah pilih capres, elit partai putuskan Ogah jika dukung Ganjar”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube LINTAS OPINI mengunggah video dengan klaim Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengalami keretakan usai deklarasi Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden pada Pemilu 2024. Megawati disebut salah pilih capres sehingga elit PDIP enggan mendukung pencalonan Ganjar.

Namun setelah menonton keseluruhan video, tidak ada informasi yang menjelaskan tentang keretakan PDIP. Narasi yang dibacakan pada video justru berisi tentang bantahan mengenai isu keretakan antara Megawati dan Jokowi. Narasi ini juga identik dengan artikel yang diunggah oleh GenPi dengan judul “Megawati dan Jokowi Dikabarkan Retak, Pentolan PDIP: Semua Digoreng.”

Dalam artikel ini, Ketua DPC PDIP Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo menepis kabar yang menyebut hubungan Megawati dan Jokowi sedang retak. Menurut Rudy, hubungan ketua umum PDIP dengan Jokowi masih berjalan baik hingga saat ini.

Mantan wakil wali kota Solo itu menilai ada upaya pihak lain yang ingin memecah hubungan Megawati dengan Jokowi. Menurut FX Rudy, upaya tersebut dilakukan karena saat ini sudah memasuki tahun politik menjelang Pilpres 2024.

=====

[REFERENSI]:

– https://www.genpi.co/polhukam/221126/megawati-dan-jokowi-dikabarkan-retak-pentolan-pdip-semua-digoreng