[SALAH] Al Zaytun Punya Ruangan Dugem Khusus

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga

Faktanya, sampai saat ini belum ada berita resmi terkait klaim tersebut.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====

[KATEGORI]: Konten Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: YOUTUBE

archive.fo/PLvpL

=====

[NARASI]:

“Tak Disangka! Al Zaytun Punya Ruangan Dugem Khusus Bak Klub Malem! Santr1wati Sering di Cekoki Disinii!!”

=====

[PENJELASAN]:

Sebuah video mengenai kontroversi Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun kembali beredar. Kini, akun Youtube Lidah Rakyat mengunggah sebuah video dengan judul, “Tak Disangka! Al Zaytun Punya Ruangan Dugem Khusus Bak Klub Malem! Santr1wati Sering di Cekoki Disinii!!”.

Namun, setelah menonton secara keseluruhan dari video Youtube ini, tidak ditemukan sebuah narasi yang menyebutkan bahwa di dalam Pondok Pesantren Al Zaytun ini terdapat klub malam atau diskotik seperti yang disampaikan melalui judul video tersebut. Video berdurasi 8 menit 14 detik ini hanya berisi informasi mengenai berbagai kontroversi mengenai Ponpes Al Zaytun yang tengah ramai dibicarakan oleh masyarakat.

Melansir dari laman pencarian online, berita mengenai diskotik yang terkait dengan Ponpes Al Zaytun hanya sebatas hasil wawancara mantan pengurus pondok pesantren dengan tvOne, yang menyebutkan bahwa dirinya pernah mengantar beberapa santri untuk pergi ke diskotik. Selain dari itu, belum dapat ditemukan kabar resmi terkait, yang dapat membuktikan kebenaran dari klaim tersebut.

Jadi dapat disimpulkan bahwa klaim yang menyebutkan bahwa di dalam Pondok Pesantren Al Zaytun terdapat klub malam atau tempat dugem, merupakan klaim hoaks kategori  konten yang dimanipulasi.

=====

[REFERENSI]:

https://www.tvonenews.com/berita/nasional/133109-kesaksian-mengejutkan-eks-orang-dalam-ponpes-al-zaytun-ngaku-pernah-antar-santri-dugem-ke-diskotek-bahkan-lihat-mereka?page=3