[SALAH] ENAM ORANG TERNAMA INI SIAP PERANG DEMI DUKUNG ANIES

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya judul, isi, dan thumbnail tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan pemberitaan terkait Jokowi bersama lima Ketua Umum Partai siap dukung Anies.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1688975102.514527/singlefile.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
PDIP tak tenang !! hitung mundur kekalahan Ganjar, orang ternama ini siap perang demi dukung Anies

PDIP TAK TENANG
ANIES MAKIN MEROKET
6 ORANG TERNAMA INI SIAP PERANG UNTUK ANIES

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube POLITIK NEGARA yang menampilkan thumbnail gambar Presiden Jokowi bersama lima Ketua Umum Partai dengan narasi yang menyatakan bahwa enam orang tersebut siap perang untuk Anies.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi kredibel terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari okezone.com berjudul “Elektabilitas Prabowo Melejit Efek Endorse Jokowi, Pengamat: Ini Jadi Kekuatan” yang diunggah pada 28 Maret 2023.

Thumbnail yang menampilkan Presiden Jokowi bersama lima Ketum Parpol yaitu Ketum Gerindra Prabowo Subianto, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Ketum PPP Muhamad Mardiono, dan Ketum PAN Zulkifli Hasan identik dengan foto unggahan artikel merdeka.com berjudul “Di Bawah Komando Jokowi, Ketum PAN Puji Sosok Prabowo dan Airlangga” yang tayang pada 2 April 2023.

Foto tersebut merupakan peristiwa ketika Presiden Jokowi bertemu dnegan lima Ketua Umum Partai di markas PAN. Dalam pertemuan itu membahas tentang wacana penggabungan kekuatan Koalisi Indonesia Bersati (KIB) dan Kebangkitan Indonesia Raya (KIR).

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim narasi yang terdapat dalam video tersebut adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
https://nasional.okezone.com/read/2023/03/28/337/2788884/elektabilitas-prabowo-melejit-efek-endorse-jokowi-pengamat-ini-jadi-kekuatan

https://www.merdeka.com/politik/di-bawah-komando-jokowi-ketum-pan-puji-sosok-prabowo-dan-airlangga.html