[SALAH] Video Erick Thohir Sedang Sembahyang Bersama Keluarga di Vihara

Informasi yang salah. Video tersebut merupakan momen saat Menteri BUMN, Erick Thohir meninjau perayaan Imlek 2022 ke beberapa Vihara dan di video itu adalah saat Erick mengunjungi Vihara Ekayana Arama di Duri Kepa, Jakarta Barat.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

======

[SUMBER]: TIKTOK (https://archive.fo/qJnYi)

======

[NARASI]:

“AGAMA ASLI ERIK TOHIR, SEDANG ACARA SEMBAHYANG DENGAN KELUARGA”

======

[PENJELASAN]:

Sebuah akun TikTok bernama nasrullahrully2 mengunggah video yang memperlihatkan Menteri BUMN, Erick Thohir sedang berada di Vihara dan diklaim bahwa ia sedang sembahyang bersama keluarganya.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi yang dibagikan akun TikTok tersebut adalah salah. Video tersebut merupakan momen saat Erick Thohir meninjau perayaan hari raya Imlek 2022 ke beberapa Vihara di Jakarta.

Cuplikan video TikTok tersebut identik dengan video yang diunggah di kanal Youtube milik Erick Thohir berjudul “Erick Thohir Nge Vlog di Vihara!!”, yakni saat dirinya meninjau perayaan Imlek 2022 di Vihara Ekayana Arama, Duri Kepa, Jakarta Barat.

Sementara itu terkait agama kepercayaan Erick Thohir, dalam Obituari Teddy Tohir, ayah Erick yang dimuat situs Republika.co.id berjudul “Kisah Thohir dari Gunung Sindur” (4/11/16), menerangkan bahwa Edna Ibunda Eric Thohir merupakan seorang perawat di salah satu rumah sakit di Jakarta dan merupakan gadis keturunan Tionghoa yang menikah secara Islam dengan Mochamad Teddy Thohir.

Selain itu, Erick Thohir juga mengaku bahwa dirinya adalah seorang muslim. Ia pernah menyatakan pada asebuah media bahwa dirinya tak malu mengaku muslim saat masih memiliki klub sepak bola di Italia dan Amerika Serikat.

======

REFERENSI:

https://news.republika.co.id/berita/kolom/resonansi/16/11/04/og2ffw319-kisah-thohir-dari-gunung-sugih?

https://tv.republika.co.id/berita/video/berita/19/12/08/ny2f0w216-erick-thohir-saya-tidak-malu-mengaku-muslim?