[SALAH] Foto “GEGER PAGI INI WANITA INI NGAKU DIP4KSA JADI BVD4K S3K$ PANJI G, DIB4Y4R 100 JT SEMALAM”

Foto editan. Foto tersebut adalah hasil manipulasi dari foto ketika terpidana Pinangki Sirna Malasari menjalani eksekusi pidana empat tahun di Lembaga Pemasyarakatakan Kelas II A Tangerang, Banten, Senin (2/8/2021). Di foto asli tidak ada tumpukan uang.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Dimanipulasi
===========================================

Akun Facebook Ailyn Zoila (fb.com/100068156016208) pada 11 Juli 2023 mengunggah sebuah video yang terdapat foto seorang wanita yang mengenakan rompi dengan tumpukan uang di hadapannya dengan narasi:

“GEGER PAGI INI WANITA INI NGAKU DIP4KSA JADI BVD4K S3K$ PANJI G, DIB4Y4R 100 JT SEMALAM..”

Sumber: archive.ph/guqnl (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang terdapat foto seorang wanita yang mengenakan rompi dengan tumpukan uang di hadapannya dengan klaim bahwa wanita itu dipaksa menjadi budak seks Panji Gumilang dengan bayaran Rp100 juta permalam merupakan konten yang dimanipulasi.

Faktanya, foto itu merupakan foto editan. Foto tersebut adalah hasil manipulasi dari foto ketika terpidana Pinangki Sirna Malasari menjalani eksekusi pidana empat tahun di Lembaga Pemasyarakatakan Kelas II A Tangerang, Banten, Senin (2/8/2021). Di foto asli tidak ada tumpukan uang.

Foto yang asli salah satunya dimuat di artikel berjudul “Jaksa Pinangki jalani pidana penjara empat tahun” yang terbit di situs kalteng.antaranews.com┬ápada 2 Agustus 2021. Foto tersebut di beri keterangan “Terpidana Pinangki Sirna Malasari menjalani eksekusi pidana empat tahun di Lembaga Pemasyarakatakan Kelas II A Tangerang, Banten, Senin (2/8/2021). ANTARA/HO-Kejari Jakarta Pusat/pri.”

REFERENSI
https://kalteng.antaranews.com/berita/494902/jaksa-pinangki-jalani-pidana-penjara-empat-tahun

About Adi Syafitrah 1570 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo