[SALAH] Foto “Ribuan orang mengantri untuk membeli jam tangan pintar yang didatangkan dari Jepang ini.”

BUKAN di Jakarta. Foto orang-orang yang sedang antri itu merupakan hasil editan dari foto ketika setidaknya 300 orang sudah mengantri pada pukul 6.40 pagi pada 13 Juli 2017 untuk kolaborasi Louis Vuitton dengan label streetwear Supreme di ION Orchad, Singapura.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Dimanpulasi
===========================================

Akun Facebook Maia Estianty (fb.com/100093082676462) pada 5 Juli 2023 menunggah beberapa foto dengan narasi:

“Mengerikan… Banyak orang yang pingsan di mall terbesar di Jakarta. Ribuan orang mengantri untuk membeli jam tangan pintar yang didatangkan dari Jepang ini.”

Selengkapnya di archive.ph/4CU7J (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya foto orang-orang yang sedang yang mengantri yang diklaim sebagai orang-orang yang mengantri untuk membeli jam tangan pintar impor dari jepang di salah satu mall terbesar di Jakarta merupakan konten yang dimanipulasi.

Faktanya, bukan di Jakarta. Foto orang-orang yang sedang antri itu merupakan hasil editan dari foto ketika setidaknya 300 orang sudah mengantri pada pukul 6.40 pagi pada 13 Juli 2017 untuk kolaborasi Louis Vuitton dengan label streetwear Supreme di ION Orchad, Singapura.

Foto yang asli dimuat di artikel berita berjudul “Excited fans queue overnight outside Ion Orchard for Louis Vuitton and Supreme collaboration” (Terjemahan: Penggemar yang bersemangat mengantre semalaman di luar Ion Orchard untuk kolaborasi Louis Vuitton dan Supreme) yang terbit di situs straitstimes.com┬ápada 14 Juli 2017.

Selain itu, foto wanita berkerudung yang pingsan merupakan foto Febi Nur Amelia yang pingsan di Ruang Sidang pada 6 Oktober 2020 usai mendengar vonis bebas kasus pencemaran nama baik yang dituduhkan kepadanya karena menagih utang hingga Rp 70 juta kepada istri seorang Kombes. Foto ini dimuat di artikel berjudul “Senjata Makan Tuan, Kalah di Persidangan Terdakwa Febi Bebas,Ibu Kombes Terbukti Berutang Rp 70 Juta” yang terbit di situs jambi.tribunnews.com┬ápada 7 Oktober 2020.

Klaim tersebut merupakan modus operandi iklan terselubung yang dibalut berita kontroversial dan juga menggunakan gambar yang tidak terkait dengan isi iklan tersebut.

REFERENSI
https://www.straitstimes.com/lifestyle/fashion/excited-fans-queue-up-outside-ion-orchard-for-louis-vuitton-and-supreme
https://jambi.tribunnews.com/2020/10/07/senjata-makan-tuan-kalah-di-persidangan-terdakwa-febi-bebasibu-kombes-terbukti-berutang-rp-70-juta
https://turnbackhoax.id/2023/07/03/salah-adegan-mengerikan-di-salah-satu-pusat-komersial-terbesar-di-jakarta-banyak-orang-pingsan-karena-antre-membeli-jam-tangan-pintar-impor-dari-jepang-ini/

About Adi Syafitrah 1618 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo