[SALAH] BEM UI Resmi Dibubarkan

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video dengan judul yang mengklaim bahwa BEM UI telah resmi dibubarkan merupakan konten yang menyesatkan. Faktanya, judul pada unggahan tersebut tidak sesuai dengan isi dan narasi dalam video.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]:

https://archive.ph/C1ybP (Facebook)

https://web.facebook.com/watch/live/?ref=watch_permalink&v=6264450523592357

=======

[NARASI]: “KEPUTUSAN F1N4L BEM UI Resmi Di Bub4rk4n, Perkataan Rektor UI Mengejutkan.”

=======

[PENJELASAN]:

Akun Facebook Seputar netizen (https://shorturl.at/cqGS4) pada 4 Juli 2023 mengunggah video dengan judul yang mengklaim bahwa Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) resmi dibubarkan. Sebelumnya diketahui bahwa video Ketua BEM UI Periode 2023, Melki Sedek Huang, yang menyoroti akhir kekuasaan Presiden Joko Widodo telah viral dan mendapat berbagai respon dari banyak pihak.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya judul pada unggahan tersebut tidak sesuai dengan isi dan narasi dalam video.

Pada kenyataannya, isi dan narasi dalam video tersebut hanya memberitakan mengenai pernyataan viral yang disampaikan oleh Melki melalui podcast YouTube Abraham Samad SPEAK UP yang diunggah pada 20 Juni 2023, yakni “Tahun depan adalah tahun ke-10 dan tahun terakhir. Mari kita lihat, apakah Presiden Jokowi ini mau mengakhiri kekuasaannya dengan baik atau dengan berdarah-darah”.

Atas pernyataannya tersebut, Melki mengaku mendapat berbagai ancaman dan intimidasi di media sosial. Melki juga menegaskan bahwa apa yang disampaikannya dalam podcast Abraham Samad SPEAK UP tidak bermaksud untuk mengancam Presiden Jokowi. Selain itu, isi dan narasi dalam video tersebut pun sama sekali tidak menjelaskan mengenai pembubaran BEM UI seperti yang tertulis pada judul video.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh akun Facebook Seputar netizen merupakan konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:

https://news.detik.com/berita/d-6786641/viral-ketua-bem-ui-bicara-akhir-kekuasaan-jokowi-faldo-balas-begini
https://pontianak.tribunnews.com/2023/06/25/ketua-bem-ui-asal-pontianak-melki-sedek-huang-dapat-ancaman-pembunuhan-setelah-bahas-jokowi