[SALAH] Video “LANGKAH CERDIK PRABOWO!!! GABUNG KOALISI PERUBAHAN & NYATAKAN SIAP PERANG LAWAN ISTANA DEMI ANIES”

MENYESATKAN, isi video TIDAK berkaitan dengan judul dan deskripsi. FAKTA: selain berisi gambar pratinjau (thumbnail) hasil SUNTINGAN, video sebenarnya berisi pembacaan artikel dari media dan potongan-potongan video dari peristiwa yang konteksnya DIPELINTIR.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi.

SUMBER: Facebook, https://archive.ph/TSnVM (arsip cadangan).

NARASI: “LANGKAH CERDIK PRABOWO!!! GABUNG KOALISI PERUBAHAN & NYATAKAN SIAP PERANG LAWAN ISTANA DEMI ANIES”

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Dimanipulasi: Ketika informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu”. [1]

SUMBER membagikan konten hasil MANIPULASI yang menimbulkan kesimpulan yang MENYESATKAN, FAKTA: isi video TIDAK berkaitan dengan judul dan deskripsi. Selain berisi gambar pratinjau (thumbnail) hasil SUNTINGAN, video sebenarnya berisi pembacaan artikel dari media dan potongan-potongan video dari peristiwa yang konteksnya DIPELINTIR.

Verifikasi Video

Salah satu sumber foto ASLI yang disunting dan digunakan untuk foto pratinjau, TEMPO.CO pada 5 Mar 2023: “Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, menerima kunjungan Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, di kediamannya di Hambalang, Bogor, pada Ahad, 5 Maret 2023. Dalam pertemuan itu, Prabowo menyatakan bahwa mereka sepakat untuk saling menghormati keputusan politik masing-masing. …” [2]

Artikel yang dibaca, TRIBUNMANADO.CO.ID pada 17 Jun 2023: “Perlahan tapi pasti Anies Baswedan mendapat dukungan dari banyak orang di DKI Jakarta. Tempat itu dulunya menjadi wilayah emerintahannya sewaktu menjadi Gubernur DKI Jakarta. …” [3]

Salah satu video yang merekam peristiwa yang sama dengan potongan video yang digunakan yang dibagikan oleh SUMBER dengan konteks yang benar, METRO TV di YouTube pada 5 Mar 2023: “#prabowo #suryapaloh #topreviewmetrotv MetroTV, Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto mengatakan bahwa ia dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh sepakat untuk saling menghormati keputusan politik masing-masing. …” [4]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Hasil pencarian Google Videos, kata kunci: “prabowo dan surya paloh sepakat hormati”. [5]

Hasil pencarian Google News, kata kunci: “prabowo dan surya paloh sepakat hormati”. [6]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.ph/iCp3w (arsip cadangan).

[2] tempo.co: “Sambut Surya Paloh, Prabowo Subianto: Kami Sepakat Saling Hormati Keputusan Politik Masing-Masing”, https://bit.ly/3rcALRo / https://archive.ph/4SIr9 (arsip cadangan).

[3] tribunnews.com: “Nasdem DKI Jakarta Klaim Dukungan Untuk Anies Baswedan Makin Membludak, Sebut Sehari Ada 100 Orang”, https://bit.ly/44bciKV / https://archive.ph/VOUlv (arsip cadangan).

[4] youtube.com: “Surya Paloh & Prabowo Subianto Sepakat Hormati Keputusan Politik Masing-Masing”, https://bit.ly/3XGk5xZ / https://archive.ph/TDX6N (arsip cadangan).

[5] google.com, https://bit.ly/3PDaRR0 / https://archive.ph/A81vz (arsip cadangan).

[6] google.com, https://bit.ly/3XGoWPm / https://archive.ph/HQcrI (arsip cadangan).