[SALAH] Video “Simon Cowell Beli Lagu Putri Ariani Seharga 7 Triliun”

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya tidak ada bukti bahwa Simon Cowell membeli lagu Putri Ariani seharga 7 triliun. Video tersebut hanya menampilkan percakapan antara Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat dengan Putri Ariani, dalam percakapan tersebut tidak ada pembicaraan mengenai pembelian lagu seharga 7 Triliun. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

= = =

Sumber: Facebook

https://ghostarchive.org/archive/EpeG3

= = =

Narasi:

“Simon Cowell beli lagu putri Ariani seharga 7 triliun !! MasyaAllah”

= = =

Penjelasan:

Video percakapan telepon antara Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat dengan Putri Ariani yang mendapatkan Golden Buzzer pada ajang America’s Got Talent dikaitkan dengan klaim pembelian lagu Putri Ariani oleh Simon Cowell seharga 7 Triliun.

Setelah ditelusuri klaim tersebut salah, faktanya tidak ada sumber valid yang menyatakan Simon Cowell membeli lagu Putri Ariani seharga 7 Triliun. Video percakapan yang ditampilkan tersebut juga tidak membicarakan mengenai pembelian lagu tersebut.

Diketahui Simon Cowell memberikan Golden Buzzer kepada Putri Ariani setelah penampilannya menyanyikan lagu ciptaannya sendiri yang berjudul “Loneliness” dalam ajang America’s Got Talent. Dengan Golden Buzzer tersebut, Putri secara otomatis lolos ke babak selanjutnya.

Dengan demikian, Simon Cowell beli lagu Putri Ariani seharga 7 Triliun adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Dimanipulasi.

= = =

Referensi:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/06/14/084000282/-hoaks-simon-cowell-beli-lagu-putri-ariani-seharga-rp-7-triliun?page=all#page2

https://www.kompas.com/hype/read/2023/06/13/144033466/nyanyikan-lagu-ciptaan-sendiri-di-americas-got-talent-putri-ariani?page=all#:~:text=Seperti%20diketahui%2C%20Putri%20menyanyikan%20lagu,tahu%20lagu%20tersebut%20ciptaannya%20sendiri

===