[SALAH] Rekaman Alien Asli dari Las Vegas

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya video tersebut adalah 3D animasi dengan menggunakan software Blander yang dipublikasi oleh akun TikTok owltreestump, dalam keterangannya ia menyematkan tagar #CGI dan #Blender3D. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

= = =

Sumber: Facebook

https://archive.md/J7h23

= = =

Narasi:

“Watch! Actual Alien Footage from the Las Vegas UFO Landing…. On Duty Area Las Vegas Police Captured Clear Dash Footage of the Flying UFO Aircraft on their Patrol Car Minutes Before The Same Officers Also Responded to Scene Where this Gentleman Recorded this Footage”

Terjemahan:

“Lihat! Rekaman Alien Asli dari Las Vegas, tempat UFO mendarat…. Di Area Bertugas Polisi Las Vegas Menangkap Rekaman Dash yang Jelas dari Pesawat UFO Terbang di Mobil Patroli mereka Beberapa Menit Sebelumnya Petugas yang Sama Juga Menanggapi Adegan Di Mana Pria Ini Merekam Rekaman Ini”

= = =

Penjelasan:

Sebuah video di Twitter menampilkan penampakan alien di malam hari, dalam video tersebut seperti rekaman CCTV dan suara warga yang sedang melaporkan penampakan tersebut kepada polisi.

Setelah ditelusuri klaim tersebut salah, faktanya video tersebut adalah CGI yang dibuat dengan software Blender. Pengunggah video tersebut pertama kali adalah akun TikTok owltreestump, dalam captionnya dia menyematkan tagar CGI dan Blender3D. Bio akun tersebut juga menunjukkan bahwa dirinya adalah seorang visual effect.

Kemudian dilansir dari Reuters.com, suara laporan polisi tersebut merupakan audio dari berita tentang pengakuan warga melihat alien yang dipublikasi oleh 8 News NOW Las Vegas pada 8 Juni 2023.

Dengan demikian, rekaman alien asli dari Las Vegas adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.reuters.com/article/factcheck-alien-vegas/fact-check-video-showing-an-alien-in-las-vegas-mixes-cgi-video-and-news-report-audio-idUSL1N3851ZY

https://twitter.com/hoaxeye/status/1667856380760293376 (arsip: https://archive.md/umCCQ)

@owltreestump

Smh knew I shouldn’t investigate noises outside. #cryptid #cgi #blender3d #creepy

♬ original sound – owlTreeStump

===