[SALAH] TANTANG GERTAKAN AMERIKA, INDONESIA SENGAJA HANCURKAN KAPAL TERBAIK AUSTRALIA

Hasil periksa fakta Putri Lestari.

Konten yang dimanipulasi. Video merupakan hasil editan kumpulan video yang diberi narasi yang menyesatkan. Tidak ditemukan informasi mengenai Indonesia yang sengaja menghancurkan kapal terbaik Australia sebagai bentuk gertakan kepada Amerika seperti yang disebutkan dalam video.

= = = = =

Kategori : Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

Sumber : Youtube
https://archive.cob.web.id/archive/1686889685.742755/singlefile.html

= = = = =

Narasi :
“TANTANG GERTAKAN AMERIKA , INDONESIA SENGAJA HANCURKAN KAPAL TERBAIK AUSTRALIA”

= = = = =

Penjelasan :

Akun Youtube KABAR HARIAN mengunggah video pada tanggal 10 Juni 2023 dengan judul: “TANTANG GERTAKAN AMERIKA , INDONESIA SENGAJA HANCURKAN KAPAL TERBAIK AUSTRALIA”.

Video pertama yang ditampilkan adalah video yang identik dengan kunjungan Presiden Jokowi ke Natuna pada tanggal 8 Januari 2020 yang diunggah di akun resmi Youtube Sekretariat Presiden.

Video kedua yang diunggah adalah video yang identik dengan video apel kesiapan pasukan TNI AL sebelum mengikuti kegiatan. Apel tersebut diliput oleh akun Youtube Official NET News pada tanggal 16 September 2016 dengan judul: “Apel Persiapan Armada Jaya ke-34 – NET24”.

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa video merupakan hasil editan kumpulan video yang diberi narasi yang menyesatkan. Tidak ditemukan informasi mengenai Indonesia yang sengaja menghancurkan kapal terbaik Australia sebagai bentuk gertakan kepada Amerika seperti yang disebutkan dalam video.

= = = = =

Referensi :
https://www.youtube.com/watch?v=YTbW60F0UUc
https://www.youtube.com/watch?v=TcXmJiq-hAk