[SALAH] DIAM DIAM MENGEJUTKAN, TITAH PRABOWO DAMAIKAN PERANG ISRAEL DAN IRAN

Hasil periksa fakta Putri Lestari.

Konten yang dimanipulasi. Video merupakan hasil editan kumpulan video yang diberi narasi yang menyesatkan. Tidak ditemukan informasi mengenai Prabowo yang menitahkan untuk mendamaikan Israel dan Palestina seperti yang dinarasikan dalam video.

= = = = =

Kategori : Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

Sumber : Youtube
https://archive.cob.web.id/archive/1686889832.771655/singlefile.html

= = = = =

Narasi :
“DIAM DIAM MENGEJUTKAN , TITAH PRABOWO DAMAIKAN PERANG ISRAEL DAN IRAN”

= = = = =

Penjelasan :

Akun Youtube KABAR HARIAN mengunggah video pada tanggal 8 Juni 2023 dengan judul: “DIAM DIAM MENGEJUTKAN , TITAH PRABOWO DAMAIKAN PERANG ISRAEL DAN IRAN”. Dalam video ditampilkan pidato dari Josep Borrell, Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa yang disertai dengan tulisan transkrip yang berisi narasi: “Kami tidak dapat berhenti mendukung israel secara militer karena kami tidak menginginkan perdamaian yang merupakan…”

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa transkrip pidato tersebut tidak sesuai dengan apa yang sebenarnya disampaikan oleh Josep Borrell. Video tersebut identik dengan liputan dari AFP News Agency yang diunggah pada tanggal 17 Oktober 2022 yang berisi cuplikan dari pidato Josep Borrell tanggal 13 Oktober 2022 di acara Diplomatic Academy, Belgia. Video pidato Josep Borrell secara lengkap dapat disaksikan di akun Youtube EU Debates | eudebates.tv.

Dalam video sebenarnya Josep Borrell yang menyatakan, “Europe is a garden, we have built a garden everything works is the best combination of political freedom, economic prosperity, and social cohesion. That the humankind has been able to buikd there’s three things together and here Bridges maybe the good representation of beautiful things, intellectual life…”. Dalam cuplikan pidato tersebut, Josep Burrell sebenarnya menyatakan bahwa Eropa adalah taman. Ia juga memuji kombinasi dari kebebasan politik, kemakmuran ekonomi, dan kohesi sosial yang ada. Dalam cuplikan video tidak ditemukan narasi mengenai Uni Eropa yang mendukung Israel.

Video kedua yang diunggah adalah video pidato Prabowo Subianto dalam forum International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 2023 di Singapura pada tanggal 3 Juni 2023 yang diunggah di akun Youtube Tribunnews.

Video lain yang dicuplik adalah video Benjamin Netanyahu, Perdana Menteri Israel pada Kongres di Washington, D.C yang membahas negosiasi antara Iran dan Amerika Serikat terkait perjanjian senjata nuklir yang disiarkan secara langsung oleh akun Youtube The New York Times pada tanggal 3 Maret 2015.

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa video merupakan hasil editan kumpulan video yang diberi narasi yang menyesatkan. Tidak ditemukan informasi mengenai Prabowo yang menitahkan untuk mendamaikan Israel dan Palestina seperti yang dinarasikan dalam video.

= = = = =

Referensi :
https://www.youtube.com/watch?v=ufAHg6hN4OA
https://www.youtube.com/watch?v=cmNALPfGq-A
https://www.youtube.com/watch?v=OEV62vrPQ9g
https://www.youtube.com/watch?v=wRf1cdw4IAY