[SALAH] Mario Dandy Hendak Melarikan Diri, Hingga Kakinya Ditembak

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan judul yang mengklaim bahwa kaki Mario Dandy ditembak karena hendak melarikan diri merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, judul pada unggahan tersebut tidak sesuai dengan isi dan narasi dalam video. Selain itu tidak ada bukti valid terkait hal tersebut.

=======

[KATEGORI]: Konten Dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1687577447.425998/singlefile.html

=======

[NARASI]: ‚ÄúVIRAL MALAM INI~ UPAYA MELARIKAN BERAKHIR TRAGIS, APARAT TAK SEGAN2 D0R KAKI BAGIAN KIRI MARIO DANDI”

=======

[PENJELASAN]:

Channel YouTube Dua Sisi ( https://youtube.com/@duasisi4407) pada 21 Mei 2023 mengunggah video dengan judul yang mengklaim bahwa Mario Dandy kabur hingga terpaksa kaki kirinya ditembak. Selain itu, pada thumbnail digambarkan seorang pria mirip Mario Dandy dengan kaki pincangnya.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya judul pada unggahan tersebut tidak sesuai dengan isi dan narasi dalam video. Dalam video tersebut justru malah membahas sidang Mario Dandy atas kasus penganiayaan yang dilakukannya terhadap David Ozora.

Video Unggahan kanal Youtube Dua Sisi yang berdurasi 8 menit tersebut berisi potongan video yang tidak berhubungan. Salah satunya potongan video milik @MerdekaDotCom mengenai berkas-berkas Mario Dandy yang tak kunjung rampung. Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh channel YouTube Topik News merupakan konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
[1] https://www.youtube.com/watch?v=wyVKAFZHKBk