[SALAH] Video TVOne Siarkan Jokowi akan Maju jadi Cawapres di Pemilu 2024

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Video tersebut merupakan hasil potongan. Faktanya, video tersebut bukan pernyataan Jokowi akan maju menjadi capres di pemilu 2024 melainkan video yang lengkap dan asli membahas tanggapan Jokowi yang diterpa isu akan menjadi cawapres di Pemilu 2024.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

= = = = =

SUMBER: Tiktok
https://archive.cob.web.id/archive/1687588199.544422/singlefile.html

= = = = =

NARASI:
“President Jokowi Akan Dicalonkan Jadi Cawapres Dalam Pemilu President 2024”

= = = = =
PENJELASAN:
Akun Tiktok jenniferalyasmin memposting video berdurasi 18 detik. Video tersebut menampilkan reporter TVOne sedang membacakan berita mengenai Jokowi akan dicalonkan menjadi cawapres di pemilu 2024.

Setelah ditelusuri pada kanal Youtube TVOne ditemukan video yang identik dengan unggahan di Tiktok. Video tersebut berjudul “Mencuatnya Wacana Jokowi jadi Cawapres di 2024 | Kabar Hari Ini tvOne” yang diunggah 16 September 2022. Jika diperhatikan video Tiktok merupakan video potongan dari video asli yang membahas Jokowi angkat bicara mengenai isu Jokowi akan dicalonkan menjadi cawapres. Dalam video asli Jokowi tidak tahu dari mana isu tersebut berhembus. Jokowi tidak menjawab perihal wacana akan menjadi cawapres, karena Jokowi menekankan isu tersebut tidak datang darinya.

Dengan demikian video TVOne yang siarkan Jokowi akan maju menjadi cawapres 2024 merupakan hasil potongan. Video tersebut bukan pernyataan Jokowi akan maju menjadi capres di pemilu 2024 melainkan membahas tanggapan Jokowi diterpa isu akan menjadi cawapres, sehingga masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://www.youtube.com/watch?v=4E_qwc1lND8