[SALAH] BREAKING NEWS ! MAHFUD MD TURUN TANGAN SEDNIRI, 7000 PERSONEL TNI GELEDAH PAKSA PONPES PANJI GUMILANG.

Hasil periksa fakta Ummul Hidayah. Unggahan video dengan klaim Mahfud MD mengerahkan 7000 TNI untuk menggeledah Pondok Pesantren Al-Zaytun milik Panji Gumilang. Unggahan tersebut hanya menarasikan artikel terkait berita tentang respon Mahfud MD terhadap isu ajaran sesat dari Pondok Al-Zaytun.

=========
[KATEGORI]: Konten dimanipulasi.

========
[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1687655185.629842/singlefile.html (YouTube)

=====
[NARASI]: “BREAKING NEWS ! MAHFUD MD TURUN TANGAN SEDNIRI, 7000 PERSONEL TNI GELEDAH PAKSA PONPES PANJI GUMILANG”

============
[PENJELASAN]:
Akun YouTube Suara Politik pada 21 Juni 2023 mengunggah video dengan judul “BREAKING NEWS ! MAHFUD MD TURUN TANGAN SEDNIRI, 7000 PERSONEL TNI GELEDAH PAKSA PONPES PANJI GUMILANG”.  Judul tersebut tidak sesuai dengan isi dari video yang diunggah. Video yang berdurasi 10 menit 5 detik itu tidak membahas 7000 personel TNI yang diarahkan untuk menggeledah Pondok Pesantren Al-Zaytun milik Panji Gumilang.

Unggahan tersebut menarasikan artikel milik Yohanes A Kopong Corebima  berjudul “Mahfud MD Turun Tangan, Dedengkot Al-Zaytun Panji Gumilang Langsung Diulti: Kau Berurusan dengan Saya!!” yang diunggah pada laman Populis.id tanggal 23 Juni 2023. Artikel ini membahas tentang respon Mahfud MD terhadap isu yang ada di Pondok Pesantren AL-Zaytun. Mahfud MD menyatakan bahwa timnya sedang mempelajari kasus tersebut agar tidak salah langkah dalam menanganinya.

==========
[REFERENSI]:
Unggahan tersebut menarasikan artikel milik Yohanes A Kopong Corebima¬† berjudul “Mahfud MD Turun Tangan, Dedengkot Al-Zaytun Panji Gumilang Langsung Diulti: Kau Berurusan dengan Saya!!” yang diunggah pada laman Populis.id tanggal 23 Juni 2023. Artikel ini membahas tentang respon Mahfud MD terhadap isu yang ada di Pondok Pesantren AL-Zaytun. Mahfud MD menyatakan bahwa timnya sedang mempelajari kasus tersebut agar tidak salah langkah dalam menanganinya.