[SALAH] Video Puing Kapal Selam Titan Dengan 5 Penumpang Ditemukan

Hasil periksa fakta Dyah Febriyani

Bukan video puing kapal selam Titan yang meledak didekat bangkai kapal Titanic. Faktanya video tersebut adalah video puing-puing bangkai kapal Titanic dengan Kamera SubC Rayfin onboard.

=============
[KATEGORI]

Konteks yang Salah

============
[SUMBER]
https://archive.cob.web.id/archive/1687691804.95536/index.html (TikTok)

============
[NARASI]

“PUING KAPAL DENGAN 5 SELAM TITAN DITEMUKAN
PENUMPANG
#BREAKINGNEWS
KAPAL SELAM WISATA TITAN OCEAN GATE DIPASTIKAN MELEDAK, 5 PENUMPANG DINYATAKAN TEWAS
Tim penyelamat menemukan puing-puing yang diduga milik kapal selam Titan OceanGate, Kamis (22/6/2023), dekat bangkai kapal Titanic. Puing yang diduga kapal selam wisata Titanic itu ditemukan oleh mesin ROV di kedalaman BRIS FIELD IN 4.000 meter, Horizon Arktik”

================
[PENJELASAN]

Sebuah akun TikTok mengunggah video yang menampilkan puing-puing kapal yang diklaim milik kapal selam Titan OceanGates. Pengunggah menambahkan informasi berupa teks diatas video, bahwa puing kapal dan penumpang telah ditemukan. Faktanya, video tersebut adalah puing-puing kapal Titanic.

Berdasarkan penelusuran YouTube, pada kanal OceanGate Expeditions ditemukan video identik seperti video pada klaim. Video tersebut diunggah pada 11 Februari 2022 dan telah dilihat 2,6 juta kali.

Video yang berjudul “Titanic Expedition Dive Footage Release: Debris Field (Rilis Rekaman Penyelaman Titanic Expedition: Debris Field)” itu melihatkan keadaan Kapal Titanic beserta puing-puing kapal yang hancur sejak tenggelam tahun 1912 lalu. Ekspedisi dilakukan pada tahun 2021 dengan tujuan untuk menangkap rekaman dari bidang puing-puing bangkai kapal Titanic dengan Kamera SubC Rayfin onboard.

Sebelumnya, kapal selam wisata Titan OceanGates dikabarkan meledak di dekat bangkai Titanic setelah hilang kotak saat melakukan penyelaman dua jam ke lokasi bangkai kapal paling terkenal di dunia itu pada 18 Juni 2023.

Dengan demikian, video yang menampilkan puing-puing kapal yang diklaim milik kapal selam Titan adalah salah. Unggahan tersebut termasuk dalam kategori konten dengan konteks yang salah.

=============
[REFERENSI]

https://youtu.be/i194pzJc3fk

https://inet.detik.com/cyberlife/d-6787909/puing-kapal-selam-titanic-ditemukan-lima-penumpang-dipastikan-tewas/amp
https://youtu.be/0gO2e0IOVxY