[SALAH] GEMPAR!! PRESIDEN TEMPUH LANGKAH HUKUM, TUDUHAN SURYA PALOH LANGSUNG DI SIKAPI TEGAS.

Hasil periksa fakta Ummul Hidayah.Unggahan video dengan klaim presiden menempuh langkah hukum terhadap tuduhan yang disampaikan Surya Paloh. Unggahan tersebut hanya menarasikan artikel terkait berita tentang kondisi Partai Nasdem setelah Jhonny mantan Menkominfo tertangkap kasus korupsi dan artikel tentang Mahfud MD yang berpesan kepada para pejabat Kominfo untuk bekerja dengan tenang dan jangan takut.

=========
[KATEGORI]: Konten dimanipulasi.

========
[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1685052938.192021/singlefile.html (YouTube)

=====
[NARASI]: “GEMPAR!! PRESIDEN TEMPUH LANGKAH HUKUM, TUDUHAN SURYA PALOH LANGSUNG DI SIKAPI TEGAS”

============
[PENJELASAN]:

Akun YouTube Suara Politik pada 25 Mei 2023 mengunggah video dengan judul “GEMPAR!! PRESIDEN TEMPUH LANGKAH HUKUM, TUDUHAN SURYA PALOH LANGSUNG DI SIKAPI TEGAS”. Judul tersebut tidak sesuai dengan isi dari video yang diunggah. Video yang berdurasi 10 menit 5 detik itu tidak membahas presiden yang menempuh langkah hukum kepada Suryo Paloh atas tuduhan yang disampaikannya.

Unggahan tersebut hanya menarasikan artikel berjudul “Usai Johnny G Plate Ditangkap, Elite Nasdem Berubah Jadi Maling Teriak Maling” yang diunggah pada laman Wartaekonomi.co.id tanggal 22 Mei 2023. Artikel lain yang dinarasikan adalah milik Dicky Prastya yang berjudul “Pesan Mahfud MD ke Pejabat Kominfo Usai Menteri Johnny G Plate Tersangka: Kerja Tenang, Jangan Takut” yang diunggah pada laman suara.com tanggal 23 Mei 2023. Kedua artikel tersebut dibaca berulang-ulang hingga akhir video.

==========
[REFERENSI]:
– https://www.suara.com/tekno/2023/05/23/125250/pesan-mahfud-md-ke-pejabat-kominfo-usai-menteri-johnny-g-plate-tersangka-kerja-tenang-jangan-takut?page=2
– https://www.google.com/amp/s/wartaekonomi.co.id/amp/read500410/usai-johnny-g-plate-ditangkap-elite-nasdem-berubah-jadi-maling-teriak-maling