[SALAH] Surya Paloh Resmi Mundur Dari Nasdem

Hasil Periksa Fakta Dyah febriyani

Tidak ditemukan informasi valid jika Surya Paloh resmi keluar dari Partai Nasdem.Thumbnail YouTube adalah hasil manipulasi. Faktanya, foto tersebut merupakan acara peresmian gedung baru Nasdem di Medan yang dihadiri Surya Paloh.

=============
[KATEGORI]

Konten yang Dimanipulasi

============
[SUMBER]

YouTube
https://archive.cob.web.id/archive/1686336075.020965/singlefile.html

==========
[NARASI]

“NASIB ANIES DI UJUNG TANDUK!! Surya Paloh Resmi Mundur Dari Nasdem Malam ini”

==============
[PENJELASAN]

Beredar sebuah unggahan YouTube yang mengklaim Surya Paloh mundur dari Nasdem. Foto Thumbnail YouTube itu melihatkan Surya Paloh tengah menandatangani pernyataan mundur. Dalam foto ditampilkan pula Mahfudz MD dan Kejagung Republik Indonesia Sanitiar Burhanuddin juga turut hadir. Faktanya, thumbnail tersebut hasil editan software pengolah gambar.

Foto Surya Paloh saat membungkukkan badan, identik dengan foto pada artikel detik.com dengan judul “Surya Paloh Resmikan Gedung Baru NasDem di Medan, Gubsu: Jadi Sarang Baru” pada Februari 2022.

Sedangkan foto Mahfudz MD dan Sanitiar Burhanuddin merupakan foto saat keduanya menyampaikan keterangan pers di gedung Kejaksaan Agung Jakarta tahun 2021. Foto tersebut diunggah oleh antaranews.com pada tanggal 15 Maret 2021.

Kedua sumber foto yang berbeda tersebut digabung ke dalam satu frame gambar, seolah-olah tokoh-tokoh tersebut berada pada tempat dan waktu yang sama.

Terkait isu Surya Paloh mundur dari Partai Nasdem adalah tidak benar. Dilansir dari laman resmi nasdem.id masih ada nama Surya Paloh sebagai ketua Partai hingga dijuluki sebagai bapak restorasi.

=============
[REFERENSI]

https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-surya-paloh-mundur-dari-nasdem-karena-salah-pilih-anies.html

https://amp.kompas.com/cekfakta/read/2023/01/23/084616782/hoaks-surya-paloh-mundur-sebagai-ketua-umum-nasdem

https://m.antaranews.com/foto/2043722/menko-polhukam-bertemu-jaksa-agung-bahas-penanganan-korupsi/3

https://news.detik.com/berita/d-4906874/surya-paloh-resmikan-gedung-baru-nasdem-di-medan-gubsu-jadi-sarang-baru