[SALAH] Rakyat Harus Tahu! Misi Jahat Amerika Hancurkan NKRI Lewat Tangan Anies

Hasil periksa fakta Dyah Febriyani

Informasi menyesatkan. Narasi dalam video sepenuhnya salah. Tidak ditemukan video yang menampilkan ajakan intelejen Amerika Serikat agar mahasiswa mendukung kesuksesan Anies Baswedan pada Pilpres 2024. Unggahan ini adalah modus berjualan lapak Shopee dengan membuat postingan kontroversial yang diharapkan menjadi viral.

===========
[KATEGORI]

Konten Menyesatkan

=============
[SUMBER]

Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1686761821.829209/singlefile.html

===========
[NARASI]

“Rakyat Harus Tahu! Misi Jahat 4merika Hancurkan NKRI Lewat Tangan 4nis
hal tersebut terkuak seperti tayangan video yang diunggah akun Twitter”

===============
[PENJELASAN]

Beredar sebuah unggahan Facebook berupa video yang mengklaim ada misi jahat Amerika Serikat melalui Anies Baswedan.  Dalam video itu ditampilkan tangkapan layar seorang intelijen Amerika Serikat sedang berpidato mengajak mahasiswa untuk mendukung Anies Baswedan dalam Pilpres 2024.

Faktanya bukan intelijen Amerika Serikat, namun seorang pengajar di bidang politik dan oligarki Universitas Northwestern bernama Jeffrey Winters. Saat itu, ia sedang mengisi kuliah umum di Universitas Negeri Jakarta pada Juni 2015.

Video Jeffrey tersebut diunggah pada kanal Youtube Edwin Irmansyah. Pada video nampak Jeffry mengisi kuliah umum menggunakan Bahasa Indonesia. Ia menjelaskan mengenai politik oligarki di Indonesia.

Tidak ada pernyataan Jeffry yang mengajak para mahasiswa untuk mendukung Anies Baswedan pada Pilpres 2024. Unggahan ini adalah modus berjualan lapak Shopee dengan membuat postingan kontroversial yang diharapkan menjadi viral.

==============
[REFERENSI]