[SALAH] Menyumbat Bawang Putih di Telinga Memiliki Efek Luar Biasa Menyembuhkan Penyakit

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya tidak ada bukti ilmiah mengenai pencegahan dan penyembuhan penyakit oleh bawang putih yang ditempelkan langsung dengan kulit. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: TikTok

https://ghostarchive.org/archive/dyhZF

= = =

Narasi:

“TERBONGKAR JUGA. Menyumpal telinga dengan bawang putih EFEKNYA LUAR BIASA!

1. Mengobati Infeksi telinga

2. Mengurangi inflamasi

3. Meningkatkan sirkulasi d*r*h

4. Menjaga kesehatan telinga

5. Mengurangi pembengkakan

6. Meningkatkan kwalitas pendengaran

7. Mengurangi resiko tunnitus”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah informasi di TikTok dengan klaim bahwa bawang putih dapat memiliki efek yang luar biasa untuk mencegah dan menyembuhkan berbagai macam penyakit dengan menempelkannya di telinga.

Setelah ditelusuri klaim tersebut salah, tidak ada bukti ilmiah yang membenarkan klaim tersebut. Seperti yang dikatakan Prof. Dr. dr. Delfitri Munir, Sp.THT-KL(K) melalui Kompas.com, belum ada penelitian ilmiah untuk membuktikan penanggulangan penyakit telinga dengan menempelkan bawang putih di liang telinga atau penyerapan penyakit langsung melalui kulit.

Ungkapnya, bawang putih memiliki mengandung vitamin dan antioksidan, seperti flavonoid, oligosakarida, dan asam amino yang bermanfaat bagi kesehatan. Tetapi untuk memanfaatkan kandungan bawang putih sebagai pengobatan telinga, menurut Delfitri, butuh bahan tambahan seperti salep atau krim.

Dilansir dari USA Today, Seorang dokter UGD bersertifikat di Los Angeles, Michael Daignault, menyebut bahwa menyumbat telinga dengan bawang putih adalah ide yang buruk. “Anda tidak boleh memasukkan apa pun ke dalam telinga Anda karena berisiko memperburuk infeksi atau secara tidak sengaja melubangi membran timpani,” ungkapnya melalui USA Today.

Dengan demikian, menyumbat bawang putih di telinga memiliki efek luar biasa menyembuhkan penyakit adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/06/13/170522182/hoaks-tempel-bawang-putih-di-telinga-sembuhkan-berbagai-penyakit?page=all#page2&lgn_method=google

https://www.usatoday.com/story/life/health-wellness/2021/10/27/garlic-earache-cure-not-so-far-doctor-debunks-old-medical-myth/6171979001/

===